Sinopsis Tank 432: Film Soal Tentara yang Dikejar Makhluk Misterius

Oleh: Adilan Bill Azmy - 25 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Tank 432 (Belly of The Bulldog): kisah tentara bayaran Inggris yang harus bertahan dari kejaran makhluk misterius.
tirto.id - Tentara bayaran Inggris terpojok hingga ke dalam hutan. Mereka dikejar oleh makhluk misterius berbentuk manusia yang mengenakan hoodie, dengan muka yang mengerikan. Dalam pelarian, mereka menemukan sebuah tank yang terbengkalai di tengah-tengah padang rumput.

Bulldog, jenis tank yang terbengkalai itu, menjadi persembunyian para tentara bayaran beserta dua tahanan mereka. Dikomandoi oleh Smith (Gordon Kennedy), para tentara bayaran yang paranoid harus bertahan dan mengelak dari teror makhluk misterius tersebut. Mereka juga harus mengatasi halusinasi yang muncul akibat teror yang tak henti dilakukan.

Awalnya, mereka merasa aman ketika berlindung di dalam tank tersebut. Namun, semuanya berubah ketika mereka sadar bahwa kunci palka pintu tank tersebut rusak. Orang-orang yang ada di dalamnya semakin panik, dan keadaan semakin tidak terkendali.

Tank 432 sebenarnya rilis dengan judul berbeda. Film yang menghabiskan dana 150 ribu paun ini dirilis dengan judul Belly of The Bulldog. Namun, di beberapa negara seperti Jerman dan Rusia, serta rilisnya di seluruh dunia, film ini memakai judul Tank 432.

Film bergenre horror-thriller ini dibintangi oleh bintang TV Amerika Serikat sekaligus pemeran John Myers dalam Hellboy (2004), Rupert Evans. Selain Evans, nama lain yang membintangi film ini adalah Steve Garry, Deirdre Mullins, Michael Smiley, Gordon Kennedy, April Pearson, dan Tom Meeten.

Film ini merupakan film feature pertama Nick Gillespie sebagai sutradara. Sebelumnya, Nick aktif menyutradarai film-film pendek. Dilansir IMDb, pria berusia 56 tahun ini telah menggarap 8 film pendek sejak 2007.

Lewat film pendek pula Nick Gillespie memenangkan beberapa film festival dan sekali menjadi nominasi pemenang. Terakhir, film pendek bergenre komedinya, The Chariot (2010) memenangkan medali emas dalam New York International Film and TV Festival. Film yang ia garap bersama Matthew White keluar sebagai Best International Comedy Short pada tahun yang sama.

Sutradara kebangsaan Amerika Serikat ini menyutradarai Tank 432 sekaligus menulis ceritanya. Nick bekerjasama dengan Ben Wheatley yang menjadi produser eksekutif film ini.

Film keluaran tahun 2016 ini tidak terlalu sukses di pasaran. Dalam situs Rotten Tomatoes, Tank 432 hanya mendapat 14 persen Tomatometer dan 9 persen skor audiens. Sedangkan, di situs Metacritic, film ini mendapat skor 43/100. Meski demikian, film ini pernah tampil premier di Fantasia Film Festival tahun 2016.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Adilan Bill Azmy
(tirto.id - Film)

Kontributor: Adilan Bill Azmy
Penulis: Adilan Bill Azmy
Editor: Ibnu Azis
DarkLight