Sinopsis Reva Guna Guna: Kisah Pelaku Pembunuhan Diteror Hantu

Oleh: Fatimatuzzahro - 25 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Reva: Guna Guna menceritakan tentang kisah pelaku pembunuhan yang diteror oleh hantu.
tirto.id - Reva: Guna Guna adalah film horor Indonesia produksi oleh Spectrum Film, Unlimited Production, dan Maxima Pictures. Film ini pertama kali tayang pada 8 Maret 2019.

Film ini disutradarai oleh Jose Poernomo dan penulis skenarionya adalah Aviv Elham. Reva Guna-Guna menggandeng Angel Karamoy, Pamela Bowie, Wulan Guritno, Dewi Rezer, Ferry Salim, & Marcelino Lefrandt sebagai pemeran.

Dengan durasi 80 menit, Reva: Guna Guna mendapat skor sebesar 4,0 dari 10 poin berdasarkan sepuluh pengulas di situs IMDb.

Sinopsis Film Reva: Guna Guna

Film ini bercerita tentang Reva sebagai gadis ceria, penyayang, dan senang bergaul. Namun, sejak berusia 21 tahun, sifatnya berubah menjadi tertutup dan penyendiri. Reva didiagnosis manic depressive oleh psikiaternya, Karina.

Suatu malam, tragedi terjadi di rumah Reva. Ibu dan saudara Reva ditemukan meninggal dengan tubuh penuh darah. Sebagai satu-satunya yang berada di rumah, Reva dituduh sebagai pelaku pembunuhan.

Reva terbebas dari hukuman penjara karena manic depressive yang ia derita. Namun, ia mesti menjalani rehabilitasi di rumah sakit jiwa Peragasukma.

Peragasukma dipimpin oleh Nixon. Nixon begitu sinis terhadap Reva. Nixon bahkan mengancam akan menjebloskan Reva ke penjara begitu ia mendapat bukti bahwa Reva tak menderita gangguan jiwa apa pun.

Selama menjalani rehabilitasi, Reva berkali-kali diteror oleh tiga makhluk tak kasatmata, yakni hantu nenek tua, anak kecil, dan wanita dengan rantai. Teror yang Reva terima berupa serangan fisik yang sempat membuat Reva dilarikan ke rumah sakit.

Sayangnya, tak ada satu orang pun melihat hantu yang menyerang Reva. Nixon mengira Reva melakukan percobaan bunuh diri. Usai kejadian tersebut, Reva diikat di ranjang dan kunjungannya diperketat.

Suatu hari, Reva dikunjungi sahabat dekatnya, Devi. Devi satu-satunya orang yang percaya bahwa Reva tidak membunuh ibu dan saudara kandungnya. Reva lalu menceritakan teror yang selama ini ia alaminya.

Merasa khawatir, Devi mengajak paranormal ke Peragasukma untuk membuktikan ucapan Reva.

Paranormal dapat melihat tiga hantu yang Reva maksud, namun tidak mampu menghilangkan hantu tersebut karena terlalu kuat. Paranormal juga menyatakan bahwa selama ini Reva diguna-guna oleh seseorang dengan mengirim tiga hantu tersebut.

Reva dan Devi mencoba mencari tahu siapa yang mengguna-guna Reva. Setelah mencari banyak kemungkinan, dugaan dilayangkan pada ayah Reva. Ayah Reva satu-satunya yang selamat dari tragedi yang menimpa keluarga Reva, sehingga dimungkinkan menjadi pelaku guna-guna tersebut.

Apakah ayah Reva adalah pembunuh ibu dan saudara Reva? Saksikan kelanjutannya dalam Reva: Guna-Guna.


Baca juga artikel terkait FILM HOROR atau tulisan menarik lainnya Fatimatuzzahro
(tirto.id - Film)

Kontributor: Fatimatuzzahro
Penulis: Fatimatuzzahro
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight