Sinopsis Promising Young Woman, Film Pemenang Piala Oscar 2021

Oleh: Shulfi Ana Helmi - 7 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Promising Young Woman: Film pemenang Oscar 2021 ini mengisahkan kemarahan seorang perempuan pada pelaku perkosaan.
tirto.id - Promising Young Woman adalah film produksi Amerika yang rilis pertama kali pada 25 Januari 2020 di Festival Film Sundance.

Film ini merupakan debut dari aktris Emerald Fannell sebagai sutradara sekaligus penulis naskah. Film Promising Young Woman dibintangi oleh Carey Mulligan, Bo Burnham, Alison Brie, Clancy Brown, Jennifer Coolidge, Laverne Cox, Chris Lowell, dan Connie Britton.

Berdurasi 1 jam 53 menit, film ini mengisahkan tentang Cassie yang mencoba membalas dendam atas pelecehan seksual yang menimpa sahabatnya.

Film Promising Young Woman berhasil meraih penghargaan Oscar 2021 dalam kategori Best Original Screenplay. Tak hanya itu, film ini juga berhasil meraih penghargaan dari British Academi Film Awards (BAFTA) 2021 dalam kategori Outstanding British Film.

Dilansir dalam laman IMDb, film ini sementara memperoleh rating 7,5/10 dari 89.169 penilaian. Sementara itu, di laman Rotten Tomatoes film Promising Young Woman mendapat skor 90% dari penilaian tomatometer dan 88% dari audiensnya.

Sinopsis Film Promising Young Woman (2020)

Karakter utama dalam film ini adalah Cassie (Carey Mulligan), perempuan berusia 30 tahun yang bekerja sebagai pelayan di salah satu kedai kopi.

Dahulu, Cassie sempat menjadi mahasiswa kampus kedokteran. Sayangnya ia memutuskan untuk berhenti dan tidak melanjutkan pendidikannya setelah kejadian nahas yang menimpa sahabatnya.

Sahabat Cassie tersebut bernama Nina. Ia menjadi korban pemerkosaan oleh teman kampusnya. Sayangnya saat mencoba mencari keadilan, Nina malah makin terpojok. Kondisi tersebut membuat Nina kian putus asa hingga memutuskan untuk bunuh diri.

Setelah kejadian tersebut, Cassie semakin menutup diri. Hingga usianya 30 tahun, Cassie masih tinggal bersama orang tuanya. Ia juga tidak memiliki teman dekat.

Cassie merasa bersalah atas apa yang menimpa Nina. Ia juga berjanji pada dirinya sendiri untuk membalaskan dendam pada orang-orang yang telah melukai Nina.

Untuk melampiaskan amarahnya, Cassie setiap malam pergi ke club hanya untuk pura-pura mabuk dan menjebak para pria predator.

Suatu hari, di kedai kopi tempatnya bekerja, Cassie bertemu dengan pengunjung pria bernama Ryan (Bo Burnham). Ryan ternyata adalah teman kuliah kedokterannya dulu, yang telah lama tertarik padanya.

Ketertarikan Ryan pada Cassie membawanya kembali ke kedai kopi tempat Cassie bekerja untuk mengajaknya berkencan. Awalnya, Cassie menolak, tetapi setelah ajakan yang kesekian oleh Ryan akhirnya Cassie setuju untuk makan siang bersama lelaki tersebut.

Pertemuan Cassie dan Ryan terus berlanjut. Pada salah satu percakapannya dengan Ryan, Cassie kemudian mengetahui kabar tentang Al Monroe (Chris Lowell).

Al Monroe adalah pemuda yang telah memperkosa Nina dulu. Melalui apa yang Cassie dengar dari Ryan, Al Monroe akan segera melangsungkan pernikahan.

Setelah mengetahui kabar itu, dendam Cassie kembali tersulut. Cassie mulai mencari informasi tentang orang-orang yang terlibat dan dianggapnya bersalah atas kejadian yang menimpa Nina melalui media sosial.

Cassie mulai melancarkan aksi balas dendam pada satu per satu orang yang dianggapnya sebagai musuh. Sementara Ryan sama sekali tidak mengetahui apa yang dilakukan Cassie di belakangnya.

Sementara itu, perasaan Cassie kepada Ryan mulai tumbuh. Di lain sisi, ibu Nina juga mendesak Cassie untuk melanjutkan hidupnya dan melupakan rasa bersalah serta dendamnya.

Hal tersebut membuat Cassie semakin bimbang untuk melanjutkan aksi balas dendamnya atau tidak. Akankan Cassie mengakhiri balas dendam atau melanjutkannya?

Saksikan kisah selengkapnya dalam film Promising Young Woman.

Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Shulfi Ana Helmi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Shulfi Ana Helmi
Penulis: Shulfi Ana Helmi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight