Sinopsis Nyengkuyung: Film Pendek Ravacana yang Tayang di YouTube

Oleh: Binar Ajeng - 19 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Nyengkuyung, film pendek dari Ravacana yang tayang di YouTube.
tirto.id - Netflix Indonesia bekerja sama dengan Ravacana Films merilis film pendek yang berjudul Nyengkuyung yang sudah dirilis sejak 16 Maret 2021.

Dalam bahasa Jawa, "Nyengkuyung" bisa diartikan dengan gotong royong atau membangun sesuatu bersama.

Biasanya budaya ini masih sangat kuat dilakukan di daerah pedesaan atau lingkungan yang penduduknya masih sangat memegang erat budaya.

Netflix pun mempercayakan pembuatan film Nyengkuyung pada Ravacana Films yang sebelumnya memproduksi film Tilik.

Film ini mencuri perhatian dan sudah memenangkan penghargaan Winner Piala Maya 2018 untuk kategori Film Pendek Terpilih.

Berkaca dari film-film produksi Ravacana Films sebelumnya, film Nyengkuyung diharapkan bisa memberikan gambaran bermasyarakat, terutama dalam hal saling membantu.

Sinopsis Nyengkuyung


Film Nyengkuyung bercerita tentang Pak Surat yang merupakan seorang pensiunan. Ia tinggal di sebuah desa di Bantul, Yogyakarta. Pak Surat juga baru saja mengakhiri masa jabatannya sebagai Ketua RT di desanya.

Sebagai pensiunan, Pak Surat menjalani hari-harinya dengan bermain media sosial serta mengutak-atik semua fitur yang ada pada smartphone miliknya. Terlebih lagi pada masa pandemi, tidak banyak hal yang bisa dikerjakan olehnya.

Sosok Pak Surat sendiri begitu baik di mata keluarganya, namun tidak di mata penduduk di wilayahnya. Pak Surat dikenal sebagai orang yang suka memaksa dan memusuhi setiap orang yang menjadi RT di desa mereka.

Suatu ketika, Pak Surat mendatangi sanggar pada malam hari dan mencoba masuk dengan kunci yang biasa ditaruh di tempat rahasia, namun ternyata tidak ada. Pak Surat langsung menelepon salah satu pemuda sanggar untuk menanyakan kunci tersebut.

Diketahui jika kunci sanggar rupanya ada di tangan Pak Hari yang merupakan Ketua RT saat ini. Pak Surat memberitahukan kalau dirinya mempunyai ide bombastis. Tanpa memberi tahu apa ide tersebut, Pak Surat sudah menutup teleponnya.

Rupanya sesuatu terjadi ketika Pak Surat sedang menjalankan idenya tersebut dan hal ini berkaitan dengan sebuah kejadian mistis.

Bagaimana kah nasib Pak Surat setelah bersinggungan dengan hal mistis tersebut? Lalu, bisakah Pak Surat menyelesaikan tujuannya?

Film Nyengkuyung bisa disaksikan secara lengkap pada Youtube Netflix Indonesia. Film yang berdurasi 27 menit 29 detik ini akan membawa kita pada permasalahan yang biasa terjadi di kehidupan pedesaan.


Baca juga artikel terkait FILM NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Binar Ajeng
(tirto.id - Film)

Kontributor: Binar Ajeng
Penulis: Binar Ajeng
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight