Sinopsis Novel Ayat-Ayat Cinta 2 Karya Habiburrahman El-Shirazy

Penulis: Yonada Nancy - 20 Feb 2022 13:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Novel Ayat-Ayat Cinta 2 masih berkisah tentang kehidupan seorang pemuda bernama Fahri, yang kini bekerja menjadi dosen dan pengusaha di Eropa.
tirto.id - Ayat-Ayat Cinta 2 merupakan novel romantis-religi karangan penulis Habiburrahman El-Shirazy.

Novel yang diterbitkan oleh Republika pada 2015 ini adalah lanjutan dari novel Ayat-Ayat Cinta edisi pertama yang rilis pada 2004. Kedua novel tersbut begitu populer di Indonesia dan sempat memperoleh rekor penjualan terbaik.

Novel Ayat-Ayat Cinta 2 masih berkisah tentang kehidupan seorang pemuda bernama Fahri, yang kini bekerja menjadi dosen dan pengusaha di Eropa. Sebagai pemeran utama kisah, Fahri yang sudah sukses tetap digambarkan sebagai sosok intelektual muda, modern, namun tetap bijaksana.

Seperti pendahulunya, Ayat-Ayat Cinta 2 juga diadaptasi menjadi film pada 2017 atau sembilan tahun setelah penayangan film pertama. Di film kedua Ayat-Ayat Cinta, tokoh Fahri masih diperankan oleh aktor Fedi Nuril.

Meski tidak sepopuler film pertama, film Ayat-Ayat Cinta 2 terbilang cukup sukses dengan raihan 200.000 penonton di pemutaran perdananya.

Novel maupun film Ayat-Ayat Cinta 2 tentunya menempati posisi istimewa di hati para penggemarnya. Melansir laman Goodreads, novel Ayat-Ayat Cinta 2 berhasil meraih rating 4,12/5,0 yang berasal dari 2.337 penilaian pembaca.

Ayat-Ayat Cinta bukan satu-satunya novel populer karangan Habiburrahman El-Shirazy. Penulis dengan sapaan akrab Kang Abik itu juga dikenal lewat novel-novelnya yang lain, seperti Ketika Cinta Bertasbih, Dalam Mihrab Cinta, Di Atas Sajadah Cinta, dan masih banyak lagi.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa Ayat-Ayat Cinta merupakan yang mengangkat namanya di kalangan pembaca Indonesia. Sebelum menjadi sebuah novel, Ayat-Ayat Cinta sendiri merupakan cerita bersambung yang dimuat oleh harian Republika.

Sinopsis Novel Ayat-Ayat Cinta 2


Fahri yang telah menyelesaikan studinya di Mesir kini tinggal di Edinburg, Skotlandia dan bekerja sebagai dosen di University of Edinburg. Sayangnya, kehidupannya di Eropa harus dijalaninya sendirian sejak sang istri, Aisha menghilang dalam perjalanannya ke Palestina.

Tidak ada yang tahu apakah Aisha masih hidup atau mati. Kabarnya, Aisha dan temannya meninggal di Palestina. Tidak seperti temannya, jasad Aisha masih belum ditemukan.

Kehilangan sang istri yang sangat ia cintai membuat Fahri berkabung cukup lama dan hampir putus asa. Ia memutuskan untuk melanjutkan hidup dengan bekerja ditemani oleh sang asisten rumah tangga, Paman Hulusi yang merupakan pria berdarah Turki.

Tidak hanya mengajar dan meneliti, Fahri juga mengembangkan usaha yang dulu dikelola berdua bersama Aisha.

Kehidupannya di Eropa tidak selalu berjalan mulus. Diskriminasi serta kecaman bahwa muslim adalah teroris harus ia terima dari beberapa orang. Namun, ini adalah Fahri yang selalu berbuat baik pada setiap orang dan membantu sesama tanpa pandang bulu.

Mampukah Fahri bergerak maju menjalani hidup tanpa Aisha? Ataukah ada takdir lain yang menunggu dirinya di masa depan?


Baca juga artikel terkait SINOPSIS NOVEL atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight