Sinopsis Mohabbatein, Perjuangan Cinta Shah Rukh Khan-Aishwarya Rai

Oleh: Sirojul Khafid - 6 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film India Mohabbatein yang diperankan Shah Rukh Khan-Aishwarya Rai.
tirto.id - Mohabbatein, film asal India saat ini bisa kita nikmati di AppleTV. Film ini berkisah tentang Raj Aryan Malhotra (Shah Rukh Khan) yang kuliah di Universitas Gurukul.

Kampus yang berada dalam arahan kepala sekolah Narayan Shankar (Amitach Bachchan) merupakan kampus khusus laki-laki. Shankar sangat disiplin dengan para mahasiswa, terutama dalam hal percintaan.

Dia tidak ingin para mahasiswa didikannya terkena drama percintaan dengan perempuan manapun. Apabila ada yang terlibat dalam urusan asmara, maka mahasiswa tersebut akan dikeluarkan.

Suatu hari, Raj keluar kampus dan melihat seorang perempuan cantik bernama Megha (Aishwarya Rai). Raj seketika jatuh cinta pada Megha. Padahal sesuai peraturan, tentu perasaan Raj berpotensi melanggar peraturan, tetapi hal yang lebih gawat adalah bahwa Megha merupakan anak dari Shankar. Mereka menjalin hubungan dengan sembunyi-sembunyi.

Sampai pada suatu ketika, Megha tidak tahan lagi untuk memberitahukan perihal hubungannya dengan Raj kepada ayahnya. Mendengar hal itu, tentu saja Shankar sangat marah. Namun Megha sepertinya sangat mencintai Raj hingga dia rela bunuh diri dengan melompat dari jendela. Akibat dari hal itu, Raj dikeluarkan dari kampus. Bahkan sejak saat itu, peraturan tentang hubungan laki-laki perihal cinta menjadi lebih ketat.

Kemudian takdir membawa Raj kembali ke Gurukul sebagai guru pelajaran musik yang sebelumnya tidak ada. Shankar menerima Raj dengan memberikan berbagai syarat. Saat berada di kampus, Raj bertemu tiga mahasiswa, Sameer (Jugal Hansraj), Vicky (Uday Chopra), dan Karan (Jimmy Sheirgill), yang sepertinya sedang jatuh cinta.

Sameer jatuh cinta pada Sanjana, sahabat masa kecilnya yang saat itu telah memiliki pacar. Vicky merasa tertarik dengan Ishika, salah satu mahasiswa di universitas khusus perempuan yang berada di sebelah kampusnya. Sementara Karan jatuh cinta kepada Kiran, seorang janda muda yang suaminya telah meninggal dalam perang. Mereka tetap memperjuangkan cinta mereka, walaupun harus secara diam-diam.

Melihat keadaan mahasiswanya, Raj merasa prihatin akan kisah cinta ketiga mereka yang terhalang oleh peraturan kampus. Raj menceritakan tentang Megha yang telah meninggal dan perjuangannya menjaga cinta. Walaupun telah lama meninggal, namun Raj masih merasa bahwa Megha selalu berada di sampingnya. Kini keputusan berada di tangan ketiga mahasiswa tersebut, akannya bertahan atau melepas cinta mereka.

Selain para pemain di atas, aktor dan aktris lain yang bergabung di antaranya Shamita Shetty, Kim Sharma, Preeti Jhangiani, Anupam Kher, dan Archana Puran Singh. Mohabbatein berada dalam arahan sutradara dan penulis naskah Aditya Chopra. Film berdurasi 216 menit pertama kali rilis di bioskop pada 27 Oktober 2000.

Selain film ini, Aditya Chopra merupakan penulis film-film lain seperti Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995), My Heart Is Crazy (Dil To Pagal Hai) (1997), Veer-Zaara (2004), Bachna Ae Haseeno (2008), Rab Ne Bana Di Jodi (A Couple Made by God) (A Match Made in Heaven) (2008), Jab Tak Hai Jaan (2012), dan Befikre (2016).



Baca juga artikel terkait FILM INDIA atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yantina Debora
DarkLight