Sinopsis & Jadwal Tayang Film "Yang Tak Tergantikan" di Disney+

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 12 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini sinopsis dan jadwal tayang perdana film Yang Tak Tergantikan di Disney+.
tirto.id - Layanan streaming Disney+ Hotstar akan menghadirkan tayangan premium melalui film Yang Tak Tergantikan, yang rencananya akan tayang perdana pada 15 Januari 2021.

Sejumlah pemain yang mengisi antra lain Lulu Tobing, Dewa Dayana, Yasamin Jasem, dan Maisha Kanna.

Sinopsis Yang Tak Tergantikan

Dikisahkan Aryati hidup sendiri. Dia adalah ibu tunggal yang berpisah dari suaminya. Kini dia membesarkan tiga orang anak yang usianya telah menginjak remaja.

Mereka sudah bersekolah di SMA. Artinya, anak-anak mulai masuk ke tahap yang cukup kritis dalam memandang kehidupannya. Hingga suatu hari, salah satu dari mereka menanyakan soal alasan Aryati berpisah dengan suaminya.

Salah satu putri Aryati, Kinanti, sepertinya masih sangat ingin bertemu ayahnya. Dia juga mengirim pesan kecil ke ibunya agar bisa kembali bersatu dengan ayahnya. Kinanti menganggap ayahnya orang baik.

Namun, Aryati menanggapinya dengan bijak tanpa memberitahu alasan bercerai sebenarnya. Dia mengatakan pada Kinanti jika ayahnya orang baik, namun manusia bisa berubah, bisa menjadi lebih baik atau sebaliknya.

Lantas, Kinanti berani menemui ayahnya selepas sekolah. Kinanti sempat memberi tahu pada saudaranya, Tika. Hal ini cukup membuat Aryati cukup marah.

Hingga akhirnya, Aryati mengalami kecelakaan. Dia dirawat di rumah sakit. Kinanti bersikeras ingin memberitahu ayahnya namun dicegah oleh Tika.

Permasalahan tidak sampai di situ. Perhiasan milik Aryati hilang. Padahal, sewa rumah kontrakan mereka sebentar lagi mau habis dan perlu diperpanjang.

Bagaimana Aryati akan bertahan dari berbagai problematika ini? Akankah mereka berempat saling menguatkan satu sama lain?

Perkenalan film Yang Tak Tergantikan lebih dulu diawali dengan pemutaran soundtrack melalui beberapa stasiun radio.

Pembawa lagu soundtrack tak lain adalah beberapa pemain di film, yaitu Dewa, Yasamin, dan Maisha. Lagu ini berada di bawah label Falcon Music.

Film Yang Tak Tergantikan berada di bawah arahan sutradara Herwin Novianto. Begitu pula dengan skenarionya, juga digarap oleh Herwin dengan menggandeng Gunawan Raharja. Film ini sendiri terinspirasi dari film Ibunda besutan Teguh Karya.

Film ini berusaha mengungkap beragam tradisi yang saat ini jarang dilakukan oleh keluarga modern. Contohnya, yaitu aktivitas makan bersama di satu meja makan.

Padahal, dari kegiatan yang terlihat sepele ini akan muncul sisi kebersamaan hingga mengobrol untuk bertukar pikiran.

Semua keakraban tersebut dituangkan pada kehidupan Lulu Tobing yang berperan sebagai seorang ibu tunggal bernama Aryati di dalam film.

Dia mesti mengasuh ketiga anaknya yang saat ini beranjak dewasa. Namun, Aryati bukanlah sosok yang gampang menyerah pada keadaan dan tetap menjaga anaknya dengan baik dari balik kesusahannya.

Uniknya, film Yang Tak Tergantikan dibuat hanya dalam waktu singkat, yaitu 11 hari. Lokasi pengambilan gambarnya ada di kota Jakarta.

Beberapa di antaranya Pulo Raya, Lebak Bulus, dan Taman Mini. Di samping itu, tantangan beratnya mesti dilakoni pada masa pandemi Covid-19 yang memerlukan perhatian ekstra dari pemain dan kru film terkait kesehatan.

Trailer Yang Tak Tergantikan telah dirilis lewat kanal Youtube milik Falcon. Di sana sekilas menceritakan beragam masalah yang dihadapi di saat anak-anak mulai kritis melihat situasi.


Baca juga artikel terkait FILM DISNEY PLUS atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight