Sinopsis Interstellar, Film Besutan Christopher Nolan

Oleh: Muhammad Agung - 23 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Interstellar besutan sutradara Christopher Nolan dan diperankan oleh Matthew McConaughey.
tirto.id - Film Interstellar karya Christopher Nolan bercerita tentang astronot yang melakukan perjalanan ke ke luar angkasa untuk menemukan Planet baru untui di tempati.

Di film ini digambarkan bahwa planet bumi sedang sekarat dengan ditandai kekeringan sepanjang tahun. Scoring yang digunakan menambah membuat bagian awal dalam film ini semakin terlihat putus asa.

Film ini di awali dengan Cooper (Matthew McConaughey), seorang duda yang tinggal bersama kedua anaknya dan ayah mertuanya (John Lithgow).

Cooper adalah mantan pilot NASA yang saat ini menjadi petani jagung, Satu-satunya tanaman tumbuh memusnahmua sebagian tanaman di planet bumi. Fenomena tersebut membuat populasi manusia terancam kepunahan

Cooper menyayangi anak-anaknya, khususnya putri bungsunya, Murph, yang diperankan oleh Mackenzie Foy yang skeptis. Ketika ayahnya direkrut untuk misi rahasia NASA untuk mencari planet baru yang bisa dihuni, Murph hancur karena kepergiannya.

Rekan Cooper di pesawat ruang angkasa Amelia Brand (Anne Hathaway) dan ayahnya Dr. Brand (Michael Caine) adalah pencetus teori pencarian planet baru tersebut.

Cooper dan Amelia berangkat keluar angkasa mencari plaent baru sedangkan Dr. Brand dan Murph tetap di Bumi. berkat teori relativitas Dr. Brand dan Murph menjadi lebih tua dengan cara duniawi yang biasa, sementara Cooper dan Amelia tetap pada usia yang hampir sama.

Film ini menyajikan sebuah panorama yang menampilkan situasi luar angkasa. Beberapa bentuk kapal luar angkasa, dan urutan ruang angkasa disajikan dalam keheningan yang akurat secara ilmiah. Tetapi untuk semua kemewahan teknologi tinggi, Interstellar terkesan seperti film lama tentang luar angkasa.

Situs Rotten Tomatoes memberi skor 72 persen, sementara penonton memberi skor 85 persen. IMDb memberi skor 8,6 dari 10. Selama penayangannya, Box Office Mojo mencatat total penghasilan film ini lebih dari 677 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Selain film ini, ada beberapa film Nolan lain seperti trilogi Batman The Dark Knigt (2005, 2008 dan 2012). Apabila kembali pada tahun 90-an, Nolan memulai karir sutradara film layar lebarnya melalui film Doodlebug (1997). Kemudian dua tahun berselang dia membuat film Following.

Pada 2000 sampai 2010, Nolan menyutradarai Memento (2000), Insomnia (2002), The Prestige (2006), dan Inception (2010). Setelah 2010, dia membuat film Quay (2015), dan Dunkirk (2017).


Baca juga artikel terkait FILMINTERSTELLAR atau tulisan menarik lainnya Muhammad Agung
(tirto.id - Film)

Kontributor: Muhammad Agung
Penulis: Muhammad Agung
Editor: Yantina Debora
DarkLight