Sinopsis I Am Legend: Film Sains Fiksi Bergenre Horror

Oleh: Jessica Amelia Hapsari - 7 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
I Am Legend adalah film sains fiksi yang mengisahkan perjuangan heroik Robert Neville (Will Smith) dan anjingnya.
tirto.id - Film I Am Legend keluaran tahun 2007 ini merupakan tontonan yang seru dan tentu saja menegangkan. Disutradarai oleh Francis Lawrence, film sains fiksi yang mengisahkan perjuangan heroik Robert Neville (Will Smith) dan juga anjing setianya, Samantha. Neville diharuskan bertahan hidup di kota mati yang dipenuhi oleh makhluk menyeramkan hasil paparan virus Kipprin.

Neville merupakan manusia terakhir di kota New York yang hampir mati. Setiap pagi, ia dan anjingnya pergi berburu hewan dan juga memasok kebutuhan makanan di supermarket yang terbengkalai. Namun, Ketika malam hari, sesuatu yang mengerikan itu muncul.

Makhluk yang sensitif dengan sinar matahari dan aktif pada malam hari ini membuat Neville hidup dalam ketakutan, di mana ia harus menutup semua pintu dan jendela rumahnya setiap hari ketika malam tiba. Ia juga tidak suara sedikit pun dan berlindung di bak mandi hingga terlelap keesokan harinya.

Darkseeker, sebutan dari makhluk yang terkena paparan virus Kipprin. Virus ini awal mulanya merupakan vaksin untuk menyembuhkan kanker, tetapi menjadi malapetaka. Sebab, ada banyak korban yang tergigit dan bermutasi menjadi monster mengerikan.

Neville sang manusia kebal itu pun berusaha menemukan obat untuk memulihkan zombie agar menjadi manusia kembali. Dengan mengambil sampel dari salah satu makhluk, ia melakukan observasi lanjutan. Ia melakukan percobaan pada tikus yang disuntikan cairan dari tubuh sang darkseeker untuk dapat melihat kemungkinan reaksi yang ditimbulkan.

Namun nahas, ketika Neville hendak berburu, anjingnya sempat memasuki sarang darkseeker. Samantha yang ingin mengejar rusa tidak sengaja memasuki tempat gelap dan itu adalah pusat berkumpulnya darkseeker. Karena waktu yang mepet, ia tidak dapat pulang sebelum petang tiba.


Dengan posisi terjebak namun ingin menyelamatkan anjingnya, ia memaksakan masuk ke sarang tersebut. Bermodalkan pistol, ia berusaha memanggil anjingnya yang bersembunyi di gedung terbengkalai. Ketika sudah bertemu dengan anjingnya, takdir berkata lain.

Momen menegangkan ini sungguh menguras hati. Dengan keberaniannya, sang anjing Samantha menggigit kaki salah satu dari zombie darkseeker untuk menyelamatkan tuannya. Peliharaan setia itu pun hampir mati.

Dengan berat hati, Neville melakukan suntik mati kepada peliharaan kesayangannya karena kondisi anjingnya hampir bermutasi. Kawan setia Neville itu pun mati, dan momen mengharukan terjadi. Karena tidak terima dengan kondisi Sam yang sudah mati, Neville pun berniat untuk balas dendam dengan mendatangi “sarang” makhluk itu.


Keesokan harinya, Neville memberanikan untuk menuju sarang tersebut seorang diri. Pemimpin dari zombie darkseeker tersebut menyadari keberadaan Neville.

Oleh karena waktu yang sudah malam, ia dapat leluasa mengejar Neville yang melarikan diri menggunakan mobilnya. Beribu zombie darseeker turun ke jalanan dan berusaha untuk menggigit Neville.

Miris, salah satu kaki Neville pun tergigit oleh zombie darkseeker. Ia pun pasrah dan mendadak penglihatannya buram.

Fajar menyingsing, ketika Neville hampir meregang nyawa, datang seorang penyelamat. Dia adalah Anna dan juga seorang anak kecil bernama Ethan. Mereka berasal dari Maryland dan selalu mendengarkan pesan radio yang dikirimkan oleh Neville.


Baca juga artikel terkait FILM HOROR atau tulisan menarik lainnya Jessica Amelia Hapsari
(tirto.id - Film)

Kontributor: Jessica Amelia Hapsari
Penulis: Jessica Amelia Hapsari
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight