Sinopsis Hugo, Film Anak-Anak yang Tayang di Mola TV

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 23 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Hugo tidak menyangka jika ada rahasia besar antara ayahnya dan robot yang saat ini dimilikinya.
tirto.id - Film Hugo yang menceritakan kehidupan seorang anak yatim piatu di Paris, Perancis, bisa disaksikan melalui Mola Tv.

Film ini mengisahkan anak sebatang kara yang tinggal di tembok stasiun kereta api. Dia terlibat dalam misteri yang melibatkan almarhum ayahnya dan sebuah robot.

Hugo diangkat dari novel yang berjudul The Invention of Hugo Cabret oleh Brian Selznick. Skenarionya digubah oleh John Logan dan disutradari Martin Scorsese. Film ini memiliki setting kehidupan di tahun 1931.

Film Hugo dibintangi oleh Asa Butterfield, Chloe Grace Moretz, Christopher Lee, Sacha Baron Cohen, Jude Law, dan Frances de la Tour.

Film ini pertama kali ditayangkan pada 7 Maret 2012 dengan durasi 2 jam 6 menit. Mengambil genre drama fantasi, Hugo pernah berjaya dengan memenangkali lima Piala Oscar.

Piala Oscar tersebut didapatkan melalui Academy Awards tahun 2012. Kala itu lima kategori berhasil diborong, yaitu Best Achievement in Cinematography, Best Achievement in Sound Mixing, Best Achievement in Sound Editing, Best Achievement in Visual Effects, dan Best Achievement in Art Direction.

Rating film Hugo di IMDb terbilang tinggi dengan perolehan skor 7,5 dari 10 oleh 304.692 penilai. Dengan perkiraan anggaran produksi sebanyak 150 juta dolar AS, pendapatannya secara global mencapai lebih dari 185 juta dolar AS.

Dari angka global itu, pendapatan di Amerika Serikat menyumbang sekitar Rp73 juta dolar.

Sinopsis Hugo

Film Hugo berkisah mengenai seorang anak yatim piatu di kota Paris, Perancis. Selama ini dia mendiami tembok stasiun kereta api Paris sebagai tempat tinggalnya. Situasi di tahun 1930-an itu tampak suram bagi anak bernama Hugo itu.

Namun, Hugo adalah anak pembelajar. Dia belajar cara memperbaiki jam dan berbagai piranti lain dari keahlian ayah dan pamannya. Berkat kemampuannya itu, Hugo ikut menjaga agar jam di stasiun tetap terus berdetak.

Selepas ayahnya meninggal, Hugo tidak memiliki teman lain kecuali sebuah robot. Robot manusia mekanis tersebut ibarat sosok yang menghubungkan Hugo dengan ayahnya. Hanya saja, agar robot ini dapat aktif, diperlukan sebuah kunci khusus.

Hugo meyakini ada sebuah rahasia dari robot ini. Akhirnya, dia pun berusaha mencari tahu dengan cara apa pun agar bisa menemukan kunci itu.

Dalam petualangannya itu, dia bertemu dengan George Melies. Melies adalah penjaga toko yang setiap hari bekerja di stasiun kereta. Putri baptisnya, menjadi teman Hugo untuk berpetualang.

Hingga suatu saat, Hugo menemukan kaitan antara ayahnya, robot, dan dirinya. Itu sangat mengejutkan Hugo. Lalu, Hugo juga turut menemukan beberapa kenangan yang terkubur dari ayahnya tentang masa lalu.

Kenangan apa yang begitu membuat Hugo shock itu? Temukan jawabannya di film Hugo.


Baca juga artikel terkait MOLA TV atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight