Sinopsis His House, Teror yang Dialami Pencari Suaka dari Sudan

Oleh: Hana Afifah Nuraini - 27 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film horor His House tentang teror yang dialami sepasang pencari suaka asal Sudan.
tirto.id - His House adalah sebuah film bergenre drama, horor, dan thriller. Diarahkan oleh sutradara Remi Weekes, film berdurasi sepanjang 1 jam 33 menit ini sukses menampilkan ketakutan dan kegelisahan para tokoh.

Menghadirkan Sope Dirisu, Wunmi Mosaku, dan Malaika Wakoli-Abigaba, His House mengantarkan kisah menyeramkan sepasang suami istri pencari suaka dari Sudan. Mereka menemukan perlindungan di Inggris dan berniat memulai hidup baru di sana.

Film His House dibuka dengan Bol (Sope Dirisu) yang memimpikan perjalanan mereka dari Sudan dengan menggunakan kapal. Ia tersentak dalam mimpinya dan terbangun. Seorang petugas meminta ia dan istrinya, Rial (Wunmi Mosaku) untuk pergi ke ruang gym.

Di ruang gym di tempat penampungan para imigran itu, Bol dan Rial dinyatakan bebas dari detensi. Mereka akan ditempatkan ke sebuah rumah baru.

Bahagia mendengar kabar tersebut, Bol tertawa. Namun tawanya lenyap ketika para petugas mengatakan bahwa mereka akan “dikembalikan” bila mereka melanggar peraturan. Usai memahami peraturan yang ditetapkan, mereka menuju rumah baru mereka.

Rumah baru itu kotor. Banyak barang-barang yang rusak, dan secara keseluruhan, rumah itu tak layak ditempati. Seorang petugas bernama Mark (Matt Smith) memberi penjelasan tentang rumah dan peraturan di dalamnya, lalu pergi.

Bol dan Rial sekarang memiliki rumah baru di Inggris. Kehidupan mereka awalnya berjalan lancar, hingga Bol mendengar suara-suara dan merasakan kejadian aneh di dinding rumahnya.

Ia juga melihat penampakan Nyagak, anaknya yang telah hilang selama dua tahun. Namun, ia tak menganggap ini sebagai suatu masalah.

Suara-suara dan penampakan itu semakin jelas dari hari ke hari. Rial, yang semula tak tahu apa-apa pun mulai merasakannya. Ia pun mengaitkan kejadian-kejadian menyeramkan ini dengan dongeng dari ibunya, bahwa ada sesosok makhluk jahat bernama ‘apeth’, yaitu penyihir malam yang bersembunyi dalam kegelapan. Makhluk ini mengikuti manusia kemana pun ia pergi.

Ia berkata bahwa makhluk itu meyakinkannya untuk pergi dari rumah itu demi bisa mendapatkan Nyagak kembali. Sang suami menolak hal itu, dan memutuskan untuk tetap tinggal di rumah tersebut.

Film hasil kerja sama Regency Enterprizes, BBC Films, New Regency Productions, Vertigo Entertainent dan Starchild Pictures ini disambut baik oleh penikmat film. IMDb merating 6.4/10 untuk film ini, sementara Rotten Tomatoes memberi nilai pada Tomatometer sebanyak 100 persen yang didasarkan pada 86 suara. Skor penonton mencatatkan 76 persen, yang didasarkan pada 416 suara.

Sebuah penghargaan juga disabet oleh film ini. Dilansir dari IMDb, sutradara Remi Weekes memenangkan kategori Pemenang NHK Award dalam Sundance Film Festival pada 2018

Film horror yang dirilis pada tanggal 30 Oktober ini bisa dinikmati melalui layanan penyedia media streaming, Netflix.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Hana Afifah Nuraini
(tirto.id - Film)

Kontributor: Hana Afifah Nuraini
Penulis: Hana Afifah Nuraini
Editor: Yantina Debora
DarkLight