Sinopsis Giri/Haji Serial Netflix: Perselisihan Geng di Jepang

Oleh: Sirojul Khafid - 3 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Giri/Haji, serial Netflix soal perselisihan geng di Jepang dan Inggris.
tirto.id - Serial Giri/Haji saat ini sedang tayang di Netflix. Film tentang pertikaian antar geng dan juga pihak keamanan negara tayang di Netflix sejak 10 Januari 2020 lalu. Ada delapan episode dengan durasi masing-masing sekitar satu jam.

Suatu malam, saat sedang tidur di rumahnya, Kenzo Mori (Takehiro Hira) mendengar pintu rumahnya diketuk. Dengan hati-hati, Mori membuka pintu itu. Terlihat beberapa orang berjas hitam berdiri di depan pintunya dan mengucap salam.

Mungkin Mori tidak menyangka bahwa pertemuan itu akan membaut hari-harinya ke depan cukup panjang, melelahkan dan membahayakan. Tamu yang tidak diundang itu membawa informasi tentang saudaranya yang merupakan anggota salah satu geng di Jepang.

Ada kabar bahwa saudaranya, Yuto (Yōsuke Kubozuka), telah membunuh salah satu anggota Yakuza, mafia kuat di Jepang. Hal itu berpotensi membuat peperangan antar geng di Jepang. Dari perbuatan Yuto itu pula, ada kabar dia telah meninggal di London.

Kala itu Mori merupakan seorang detektif di kepolisian Tokyo. Dia merasa perlu untuk pergi ke London dan mencari saudaranya. Dia ingin memastikan, saudaranya masih hidup atau sudah meninggal.

Apabila masih hidup, Mori ingin mengetahui kebenaran pembunuhan anggota Yakuza tersebut. Dia akan menegakkan keadilan apabila Yuto bersalah layaknya detektif, tetapi juga akan menjaga keselamatan Yuto layaknya saudara.

Dalam percariannya di London, Mori akan bertemu dengan Sarah Weitzmann (Kelly Macdonald) dari Polisi Metropolitan dan Rodney Yamaguchi (Will Sharpe), pemuda blasteran Jepang-Inggris.

Namun yang dihadapi Mori jauh lebih berbahaya dari yang dia bayangkan, mulai dari geng Jepang sampai geng London yang korup. Selain menjaga keselamatan dirinya di London, Mori juga harus memikirkan keselamatan keluarganya di Jepang.

Haji Giri merupakan karya sutradara Ben Chessell dan Julian Farino yang masing-masing menggarap empat episode. Sementara untuk penulis naskah yaitu Joe Barton. Film ini merupakan kerja sama produksi antara Netflix dan BBC Two.

Selain pemain di atas, aktor dan aktris lain yang bergabung di serial ini di antaranya Sophia Brown, Charlie Creed-Miles, Jamie Draven, Togo Igawa, Katsuya, Justin Long, dan Yoshiki Minato.

Situs Rotten Tomatoes memberi skor serial ini 100 persen, sementara penonton memberi skor 91 persen. IMDb memberi skor 8 dari 10.



Baca juga artikel terkait FILM NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid, Sirojul Khafid, Sirojul Khafid, Sirojul Khafid, Sirojul Khafid, Sirojul Khafid, Sirojul Khafid, Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight