Sinopsis Film Wolfwalkers: Kisah Legenda Manusia Serigala

Oleh: Fatimatuzzahro - 20 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Wolfwalkers, film animasi bergenre petualangan yang berkisah tentang legenda manusia serigala.
tirto.id - Wolfwalkers adalah sebuah film animasi bergenre petualangan produksi tahun 2020. Film berdurasi 103 menit ini ditulis dan disutradarai oleh Tomm Moore dan Ross Stewart.

Film ini berhasil masuk dalam puluhan nominasi dan memenangkan 21 kategori penghargaan. Wolfwalkers menang dalam kategori Best Animated Film dalam International Online Cinema Awards 2021. Film ini juga masuk dalam nominasi Oscar 2021 dalam kategori Best Animated Feature Film.

Di situs IMDb, Wolfwalkers mendapat rating sebesar 8,1 dari 10 poin berdasarkan 17.591 penilai. Sedangkan di situs Rotten Tomatoes, film ini mendapat skor sebanyak 99 persen dan 100 persen dari pengulas.


Sinopsis Film Wolfwalkers

Pada tahun 1650, seorang wolfwalkers bernama Mebh (Eva Whittaker) hidup di hutan yang terletak di Kilkenny, Irlandia. Wolfwalkers adalah sebutan untuk manusia yang memiliki kekuatan sihir dan dapat berubah wujud menjadi serigala ketika tidur.

Sebagai penjaga hutan, wolfwalkers dianugerahi kemampuan komunikasi dengan serigala untuk memudahkannya menjalankan tugas.

Di hutan, Mebh tidak memiliki teman selain serigala. Ibu Mebh (Maria Doyle Kennedy), Moll tengah tertidur dan menjadi serigala demi mencari tempat tinggal yang lebih aman karena akan ada pembabatan hutan.

Pembabatan hutan dilakukan atas perintah Lord Protector (Simon McBurney), pemimpin Kilkenny yang kejam dan bengis. Lord Protector ingin mengubah fungsi hutan menjadi tempat bercocok tanam untuk mengatasi kurangnya lahan pertanian.

Sembari menunggu Moll menemukan hutan baru, Mebh berusaha menggagalkan pembabatan hutan dengan meminta bantuan serigalanya untuk menakut-nakuti utusan Lord Protector.

Lord Protector mempekerjakan seorang pemburu bernama Bill (Sean Bean) untuk mengatasi serigala. Akan tetapi, Bill tak pernah berhasil menangkap seekor serigala pun karena perangkap Bill selalu dirusak Mebh.

Bill memiliki seorang anak perempuan pemberani bernama Robyn (Honor Kneafsey) yang ingin ikut dengannya berburu. Namun, Bill selalu menolak permintaan Robyn. Sebagai gadis perempuan, Robyn hanya diizinkan tinggal di rumah dan membersihkan dapur.

Suatu hari, Robyn menyelinap ke hutan. Di sana, ia bertemu dengan Mebh. Mebh awalnya takut dengan Robyn, namun menjadi akrab karena sama-sama ingin memiliki kebebasan. Robyn ingin bebas keluar dari rumahnya, sementara Mebh ingin merasakan hidup di kota.

Dari pembicaraannya bersama Mebh, Robyn menjadi tahu mengenai upaya Moll mencari hutan baru. Robyn ingin memberitahu Bill perihal hal tersebut agar ayahnya tidak usah memburu serigala karena hewan itu akan segera meninggalkan hutan.

Di sisi lain, keberadaan wolfwalkers hanya dianggap mitos oleh penduduk sekitar. Belum ada satu orang pun yang dapat membuktikan keberadaan wolfwalkers .

Robyn menjadi ragu apakah Bill akan mempercayai ceritanya mengenai wolfwalkers. Akankah Robyn akan menceritakan pertemuannya dengan wolfwalkers pada Bill? Simak kelanjutannya dalam film Wolfwalkers.


Baca juga artikel terkait FILM WOLFWALKERS atau tulisan menarik lainnya Fatimatuzzahro
(tirto.id - Film)

Kontributor: Fatimatuzzahro
Penulis: Fatimatuzzahro
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight