Sinopsis Film The Underdogs Besutan Adink Liwutang

Oleh: Syamsul Dwi Maarif - 28 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film The Underdogs besutan Ryan Purwoko dan diproduseri oleh Ernest Prakasa.
tirto.id - Film The Underdogs (2017) merupakan film yang mengisahkan persahabatan anak-anak SMA yang mengejar ketenaran, tetapi hal itu menyebabkan hubungan mereka renggang.

The Underdogs adalah film Indonesia yang bergenre komedi musikal dan bertema youtubers, setelah The Youtubers (2015). Adink Liwutang merupakan sosok yang menjadi sutradara film bersama Ernest Prakasa sebagai produser.

Film ini diproduksi oleh Starvision Plus dan tayang perdana pada tanggal 16 Agustus 2017. Beberapa artis yang ditampilkan dalam film ini seperti Sheryl Sheinafia (Ellie), Jeff Smith (Boby), Brandon Salim (Dio), dan Babe Cabiita (Nanoy). Terdapat juga beberapa youtuber dalam film ini seperti Young Lex, Han Yoo Ra, dan Aulion.

Meski baru menjalani debut, Ryan Purwoko selaku penyunting film The Underdogs berhasil menyabet Penata Editing Terpuji Film Bioskop pada Festival Film Bandung 2017. Berdasarkan penilaian dalam situs IMDb, film berdurasi 99 menit ini memperoleh poin 7,2 dari skor sempurna 10 berdasarkan 72 penilaian.

Sinopsis Film The Underdogs

Film ini mengisahkan hubungan empat sahabat SMA yang bernama Bobi (Jeff Smith), seorang siswa yang patuh, Dio (Brandom Salim), siswa kutu buku dan pemalu, Nanoy (Babe Cabita),pelajar bangkotan, serta Ellie (Sheryl Sheinafia), siswa dengan kemampuan seni yang tinggi tetapi aneh.

Bobi sering dimarahi ketiga sahabatnya, lantaran kerap melaporkan kenakalan siswa lain. Sedangkan Nanoy memiliki sifat yang berkebalikan dengan Dio, si kutu buku.

Keempat sahabat ini memiliki nasib yang sama, yaitu tak dianggap dan tersisihkan. Pada suatu ketika, mereka terinspirasi SOL, sekelompok trio youtubers yang terdiri dari Sandro (Ernest Prakasa), Oscar (Young Lex), dan Lola (Han Yoo Ra).

Mereka kemudian bertekad untuk mengubah nasib melalui Youtube dan menamakan grupnya dengan The Underdogs. Pada mulanya, The Underdogs hanya membuat video prank dan eksperimen sosial, tetapi usaha ini berakhir dengan kegagalan.

The Underdogs kemudian berinisiatif membuat video musik rap sebagai upaya terakhir. Alhasil, The Underdogs mendapatkan penonton dan mulai dikenal masyarakat berkat komentar negatif youtubers, Sandro. Bahkan, The Underdogs kemudian menjadi grup musik paling viral di Youtube Indonesia.

Dalam sebuah gathering para youtubers, Sandro mencela Youtube The Underdogs. Hal tersebut membuat Bobi marah dan mengajak Sandro bertaruh, untuk yang kalah menghapus chanel youtubenya.

Keputusan Bobi justru membuat persahabatan 4 anggota The Underdogs menjadi renggang. Namun, mereka kemudian berbaikan setelah beberapa waktu dan memulai persaingan dengan SOL.


Baca juga artikel terkait THE UNDERDOGS atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Film)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yantina Debora
DarkLight