Sinopsis Film The Last Samurai: Tom Cruise dan Samurai

Kontributor: Yunita Dewi - 26 Mei 2022 11:40 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Sinopsis film The Last Samurai yang dibintangi oleh Tom Cruise. FIlm ini tentang veteran perang AS yang bernama Nathan Algren.
tirto.id - Sinopsis film The Last Samurai mengisahkan tentang veteran perang AS yang bernama Nathan Algren (Tom Cruise) yang mengabdi kepada kaisar Jepang sebagai pelatih pasukan. Malangnya, pasukan kaisar mengalami kekalahan ketika menghadapi para samurai yang menjadikan Nathan tahanan.

Ketika hidup bersama para samurai, Nathan membalikkan kesetiaannya untuk menjadi pejuang samurai dan melawan kekaisaran Jepang.

Film The Last Samurai (2003) akan hadir dalam Program Bioskop Trans TV Kamis, 26 Mei 2022. Jika tidak ada perubahan jadwal, film yang dibintangi oleh Tom Cruise ini bakal tayang pada pukul 21.30 WIB.

The Last Samurai ditayangkan secara perdana di Amerika Serikat pada 5 Desember 2003. Film yang bergenre action/historical drama ini berada di bawah naungan rumah produksi dari Radar Pictures, The Bedford Falls Company, dan Cruise/Wagner Production.

Selain Tom Cruise, film ini juga dibintangi oleh aktor dan aktris kondang lainnya, seperti Timothy Spall, Ken Watanabe, Billy Goldwyn, Hiroyuki Sanada, Koyuki, Shin Koyamada, Tony Goldwyn, Masato Harada, Shichinosuke Nakamura, Seizo Fukumoto, Billy Connolly, dan Shun Sugata.

Sinema yang didistribusikan oleh Warner Bros. Pictures ini disutradarai oleh Edward Zwick. Dia juga berperan sebagai penulis naskah skenario bersama dengan John Logan dan Marshall Herskovitz.

Edward Zwick sebelumnya sempat sukses menggarap beberapa film di antaranya film About Last Night... (1986), Glory (1989), Leaving Normal (1992), Legends of the Fall (1994), The Siege (1998), Blood Diamond (2006), Love & Other Drugs (2010), dan Trial by Fire (2018).

The Last Samurai (2003) berhasil memenangkan 20 penghargaan dan masuk 67 nominasi penghargaan lainnya. Beberapa penghargaan tersebut di antaranya pada ajang AFI Award 2004 dengan kategori Movie of the Year, dan ajang All Def Movie Awards 2017 dengan kategori Most Out of Place With Person in a Movie.

Selain itu, film yang berdurasi 2 jam 34 menit ini juga memenangkan penghargaan pada ajang ASCAP Film and Television Music Awards 2004 dengan kategori Top Box Office Films, ajang Awards of the Japanese Academy 2005 dengan kategori Best Foreign Film, dan ajang National Board of Review 2003 dengan kategori Best Director serta kategori Top Ten Films.

Dilansir dari situs film IMDb, The Last Samurai (2003) mendapatkan rating yang cukup tinggi, yakni mencapai 7,8/10 poin berdasarkan lebih dari 430 ribu suara. Sementara itu, film ini memperoleh skor 66 persen dari kritikus dan 83 persen dari audiens Rotten Tomatoes.

Box Office Mojo mencatat, The Last Samurai berhasil meraup pendapatan global yang fantastis yakni mencapai lebih dari 456,8 juta dolar AS dari total anggaran 140 juta dolar AS selama penayangannya.

Sinopsis Film The Last Samurai (2003)


Nathan Algren merupakan seorang pecandu alkohol yang mempunyai trauma atas kekejaman yang dilakukannya sendiri. Pada suatu hari, ia bertemu dengan mantan petugas Kolonel Bagley (Tony Goldwyn), ia disuruh untuk melatih pasukan kekaisaran Jepang yang haus kekuasaan dan ingin melenyapkan pemberontak dari kaum Samurai.

Di sisi lain, pasukan samurai yang dikenal cukup gigih melawan kaisar yang menginginkan adanya sebuah modernisasi. Para samurai pun tidak setuju. Mereka memberontak dalam arahan pemimpin bernama Katsumoto yang saat itu sedang diuji kesetiaannya.

Sebenarnya Katsumoto merupakan sosok yang setia. Akan tetapi, dia masih memegang tradisi kekaisaran. Oleh karena itu, sejumlah pihak menyaksikan komitmen Katsumoto ketika membela samurai dalam melawan kekaisaran.

Sementara itu, tampaknya Nathan tidak terlalu cakap dalam melatih pasukan kekaisaran. Ketika terjadi pertempuran antara pasukan kaisar dengan samurai, mereka mengalami kekalahan dan Nathan dijadikan tawanan oleh para Samurai. Nathan dibiarkan hidup untuk mencari tahu kelemahan kekaisaran.

Ketika diinterogasi, Nathan memilih untuk bungkam. Selain di interogasi, ia juga diajak bicara mengenai etika perang dan pejuang.

Lantas, apakah Nathan Algren akan buka suara mengenai kelemahan kekaisaran? Dan dapatkah ia terbebas dari tawanan Samurai? Saksikan kisah selengkapnya dalam film The Last Samurai (2003) di Bioskop Trans TV pukul 21.30 WIB mendatang.


Baca juga artikel terkait FILM THE LAST SAMURAI atau tulisan menarik lainnya Yunita Dewi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Yunita Dewi
Penulis: Yunita Dewi
Editor: Yantina Debora

DarkLight