Sinopsis Film The Dirt di Netflix, Perjalan Band Rock Motley Crue

Oleh: Vincentius Dimas Sanubari - 17 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
The Dirt di Netflix menceritakan perjalanan karier dari band heavy metal asal Los Angeles, Motley Crue.
tirto.id - The Dirt adalah film yang berkisah tentang perjalanan karier band heavy metal asal Los Angeles Motley Crue. Film ini sudah dirilis pada 18 Maret 2019 lalu, dan kini sudah tersedia di platform streaming Netflix.

Kisah film The Dirt diadaptasi dari buku The Dirt: Confessions of the World’s Most Notorious Rock Band. Buku ini ditulis oleh keempat personel Motley Crue dan seorang jurnalis, Neil Strauss.

Film yang disutradarai oleh Jeff Tremaine ini diperankan oleh beberapa aktor Los Angeles, di antaranya Douglas Booth (Nikki Sixx, bassis), Colson Baker (Tommy Lee, drummer), Iwan Rheon (Mick Mars, gitaris), Daniel Webber (Vince Neil, vokalis).


Sinopsis Film The Dirt

Film ini diambil dari sudut pandang Frank Carlton Serafino Feranna, nama asli dari Nikki Sixx yang dibesarkan oleh keluarga kurang harmonis. Kurangnya kasih sayang, bahkan sering mendapatkan perlakukan kasar membuat Nikki marah dan kecewa terhadap keluarganya.

Hingga akhirnya, Nikki menyayat pergelangan tangannya sendiri menggunakan pisau kecil, lalu memfitnah ibunya dan melaporkannya ke polisi.

Lalu Frank Carlton hidup seorang diri di Hollywood, namun ia diterpa oleh persoalan hidup yang membuat dirinya bangkrut total. Frank mencoba menelepon sang ayah yang sudah meninggalkan Frank sejak umur 2 tahun. Tetapi ayah Frank sudah tidak menganggap dia sebagai anak kandungnya lagi.

Dipicu oleh rasa kecewa atas keadaan, Frank kemudian menggani namanya menjadi Nikki Sixx. Nikki pun memulai kehidupannya dari nol lagi dan merintis kariernya sebagai musikus rock.

Suatu hari Nikki sedang sendirian di restoran langganannya dan di situlah bertemu dengan Tommy Lee. Keduanya memutuskan membentuk band rock dan mencari seseorang yang bisa mengisi posisi gitaris dan vokalis.

Nikki mengumpulkan beberapa orang yang lihai bermain gitar dan terpilihlah Mick Mars, sosok yang lebih tua dan tak banyak omong seperti Nikki dan Tommy. Akhirnya mereka menemukan sang vokalis, yakni Vince Neil.

Perjalanan Motley Crue dinilai cukup fantastis sampai-sampai mereka bisa tampil di panggung besar dan ditonton ribuan orang. Itu semua berkat bantuan label rekaman Elektra Records yang menawarkan Motley Crue untuk bergabung.

Namun di balik kesuksesan mereka sebagai musikus rock, sejumlah personel Motley Crue malah terjerumus lebih dalam ke dunia seks bebas dan narkoba.

Nikki Sixx adalah personel Motley Crue yang paling kecanduan narkoba, dan bahkan ia hampir tewas karena narkoba.

Ternyata, dari keempat personil Motley Crue, hanya Mick Mars yang paling lurus hidupnya, Mick sama sekali tidak mengkonsumsi narkoba.

Selain kisah Nikki dengan narkobanya, Tommy juga mempunyai masalah soal percintaan dengan kekasihnya. Selain itu, Vince Neil pun memiliki masalah keluarga, yaitu anak perempuannya meninggal karena kanker usus.

Di tengah-tengah perjalanan Motley Crue yang semakin berantakan itu, karier mereka di dunia musik sempat terhambat sejenak.

Nikki sempat melakukan rehabilitasi agar tidak menjadi pecandu narkoba. Dan setelah menjalani rehabilitasi, Nikki mulai mendatangi satu per satu personel Motley Crue dan mengajak mereka kembali berkarier.


Baca juga artikel terkait FILM NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Vincentius Dimas Sanubari
(tirto.id - Film)

Kontributor: Vincentius Dimas Sanubari
Penulis: Vincentius Dimas Sanubari
Editor: Maria Ulfa
DarkLight