Sinopsis Film "Satu Suro": Tahun Baru Makhluk Gaib

Oleh: Sirojul Khafid - 30 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Film "Satu Suro" adalah film horor yang dibintangi Citra Kirana, Nino Fernandez, Alexandra T. Gottardo, dan Willem Beverssebagai pemeran utama.
tirto.id - Satu Suro, film horor karya Anggy Umbara akan tayang pada tanggal 7 Februari 2019 mendatang di bioskop-bioskop Indonesia.

Cerita bermula saat Adinda (Citra Kirana) sedang hamil besar. Menurut salah satu saran saudaranya, Adinda dan suaminya, Bayu (Nino Fernandez), perlu membuat kelahiran anak pertamanya spesial.

Dipilihlah untuk pindah ke daerah desa, jauh dari perkotaan. Suasana tenang dan alam yang asri menjadi pertimbangan.

Bayu tetap melakukan pekerjaannya di dekat kota, sementara Adinda sesekali berjalan-jalan ke pasar tradisional. Saat sedang di pasar, Adinda melihat banyak bunga melati.

“Sebentar lagi kan malam satu suro, jadi semuanya harus disiapkan,” begitu kira-kira jawaban salah satu pedagang saat Adinda bertanya.

Sejak menempati rumah baru tersebut, sering terjadi gangguan kepada Adinda baik suara aneh atau penampakan makhluk gaib. Bahkan dari kejadian-kejadian tersebut, Adinda sering mengalami halusinasi.

Pada suatu malam, Adinda merasa perutnya mengalami kontraksi. Bayu membawa Adinda ke rumah sakit terdekat.

Dokter mengatakan bahwa belum saatnya Adinda untuk melahirkan. Agar bisa melakukan persiapan menjelang kelahiran tersebut, Bayu kembali ke rumah dan mengambil barang yang sekiranya diperlukan.

Saat kembali ke rumah sakit, pemandangan yang tak terduga dialami oleh Bayu. Rumah sakit yang dia yakin didatangi sebelumnya, berubah menjadi bangunan tua, kosong dan gosong seperti bekas kebakaran.

Diketahui kemudian dari warga bahwa sumah sakit tersebut sudah terbakar total sepuluh tahun lalu.

Bayu harus mencari Adinda yang berada di dalam rumah sakit. Tapi tidak semudah itu, banyak ganguan dari makhluk gaib yang sepertinya penunggu rumah sakit tersebut, dan jumlahnya pun banyak.

Menurut salah satu warga pula, bahwa malam satu suro adalah waktu para makhluk gaib untuk keluar. “Malam satu suro adalah hari rayanya makhluk halus.”

Selain Citra Kirana dan Nino Fernandez, pemain lain film ini yaitu Alexandra Gottardo, Willem Bevers, Yati Surachman, Novie Chandra, Heydar Salishz, Ingrid Widjanarko dan Ence Bagus.

Dalam penulisan naskah, Anggy Umbara dibantu oleh Syamsul Hadi. Film Satu Suro berada dalam naungan rumah produksi Pichouse Films.

Sejak trailernya diunggah di akun YouTube official MD Pictures pada 27 Desember 2018 lalu, video tersebut sudah tayang lebih dari 2,6 juta kali.





Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight