Sinopsis Film Pieces of a Woman Besutan Kornel Mundruczo

Oleh: Syamsul Dwi Maarif - 30 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Pieces of a Woman tentang seorang perempuan yang melahirkan di rumah dan berujung tragedi.
tirto.id - Film Pieces of a Woman (2020) merupakan film yang mengisahkan sosok Martha (Vanessa Kirby) yang harus menjalani banyak permasalahan usai persalinannya. Rumah tangga Martha hancur dan harus menjadi saksi di pengadilan.

Film Pieces of a Woman disutradarai oleh Kornél Mundruczó sementara Kata Weber menulis skenarionya. Film ini menampilkan beberapa artis seperti Vanessa Kirby, Shia LaBeouf, dan Molly Parker.

Perusahaan yang memproduksi film ini yaitu BRON Studios, Creative Wealth Media Finance, Little Lamb, dan Proton Cinema. Kemudian, film ini dirilis di Netflix pada tahun 2020.

Film ini dirilis pertama kali di Venice Film Festival (Italia) pada tanggal 04 September 2020. Kemudian, Pieces of a Woman dirilis di Toronto International Film Festival (Kanada) pada tanggal 12 September 2020.

Berdasarkan data di situs IMDb, film berdurasi 126 menit ini memperoleh poin 7,1, dengan skala maksimal 10, dari 40.465 penilaian. Sementara di laman Rotten Tomatoes, Pieces of a Woman mendapatkan skor Tomatometer 75 persen dari 228 kritikus dan 85 persen dari para penonton.

Pieces of a Woman berhasil memikat banyak juri di sejumlah festival. Pemeran utama dalam film ini, Vanesa Kirby tercatat memenangkan Piala Volpi untuk kategori Aktris Terbaik. Selain itu, Kirby juga terpilih masuk dalam nominasi Aktris Terbaik 2021 di Academy Award, BAFTA Award, Golden Globe, Critics' Choice Award, dan SAG Award.

Sinopsis Film Pieces of a Woman

Alur film dimulai dengan Martha (Vanessa Kirby) dan suaminya, Sean (Shia LaBeouf) yang sedang menunggu kelahiran anak pertama mereka. Pasangan tersebut tinggal di daerah Boston (Amerika Serikat).

Martha melahirkan di rumahnya dan ditangani bidan pengganti bernama Eva (Molly Parker). Martha berjuang menahan rasa nyeri dan mual. Namun, di tengah persalinan itu, Eva menyadari bahwa detak jantung bayi melemah.

Oleh karena itu, Eva kemudian meminta Sean untuk memanggil ambulans. Sebelum ambulans datang, Martha ternyata berhasil melahirkan bayi perempuan. Semula, jbayi itu terlihat sehat, tetapi lantas badannya membiru. Melihat hal itu, Eva sempat berupaya menyelamatkannya putrinya. Tidak lama kemudian, bayi Martha mengalami serangan jantung dan akhirnya meninggal.

Satu bulan setelah insiden itu, Martha dan Sean menghadiri undangan Koroner yang merupakan dokter yang mempelajari tentang penyakit jantung. Sean ingin mengetahui penyebab kematian bayinya.

Sean menganggap bahwa Eva merupakan penyebab kematian bayinya. Sementara, Martha memutuskan memberikan bayinya untuk kepentingan sains.

Hubungan Sean dan Martha menjadi renggang karena perbedaan pendapat. Hubungan pasangan tersebut dan ibu Martha juga renggang, lantaran Elizabeth (Ellen Burstyn) ingin menguburkan bayi tersebut.

Hubungan Elizabeth dan Sean juga memburuk. Sean kemudian mengembalikan mobil pemberian Elizabeth. Masalah semakin rumit karena Sean berselingkuh dengan sepupu Martha, Suzanne (Sarah Snook). Sean juga menggunakan kokain dan mabuk dalam waktu yang lama.

Di sisi lain, upaya Sean menggugat Eva mendapat sokongan dari Suzanne. Perempuan yang berprofesi sebagai pengacara itu bilang bahwa gugatan kepada Eva bisa mendatangkan keuntungan.

Sementara Elizabet pada sebuah pertemuan keluarga menyuruh Martha untuk menghadiri persidangan sebagai saksi karena dia yang memutuskan melahirkan di rumah.

Kelanjutan kisah Martha dan Seam dalam film Pieces of a Woman bisa Anda saksikan di Netflix.


Baca juga artikel terkait PIECES OF A WOMAN atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Film)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yantina Debora
DarkLight