Sinopsis Film Musikal Les Miserables di HBO GO dan Mola TV

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 15 Februari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Les Miserables menceritakan tentang Jean Valjean yang mendapatkan pembebasan bersyarat setelah menjalani hukuman penjara selama 19 tahun.
tirto.id - Seorang mantan narapidana menjalani hidup baru dan merawat putri mantan karyawannya agar terbebas dari pengasuh sebelumnya yang jahat.

Film Les Miserables menceritakan kehidupan Jean Valjean yang memulai hidup baru setelah dipenjara selama puluhan tahun di Prancis.

Dia mendapatkan pembebasan bersyarat yang membuatnya menjadi seorang wirausahawan dan wali kota. Dan, dia menolong kehidupan putri mantan pekerjanya dari kejahatan pasangan Thenardiers.

Film ini telah tayang di HBO GO dan kini mengudara pula di Mola TV. Les Miserables dibintangi oleh beberapa aktor ternama seperti Hugh Jackman, Russell Crowe, dan Anne Hathaway. Film berdurasi 2 jam 38 menit ini disutradarai oleh Tom Hooper.

Les Miserables terbilang film sukses dengan segudang prestasi penghargaan. Dari Academy Awad 2013, film ini mendapatkan Piala Oscar untuk tiga kategori sekaligus yaitu Best Performance by an Actress in a Supporting Role, Best Achievement in Makeup and Hairstyling, dan Best Achievement in Sound Mixing.

Dari ajang Golden Globes 2013, film ini memenangkan kategori Best Motion Picture - Comedy or Musical, Best Performance by an Actor in a Motion Picture - Comedy or Musical, dan Best Original Song - Motion Picture.

Di IMDb, Les Miserables mendapatkan rating 7,6 dari10 oleh 309.490 penilai. Film yang debut pada 16 Januari 2013 itu berhasil membukukan pendapatan lebih dari 441 juta dolar di seluruh dunia.

Sinopsis Les Miserables

Film musikal Les Miserables menceritakan tentang Jean Valjean yang mendapatkan pembebasan bersyarat setelah menjalani hukuman penjara selama 19 tahun.

Meski demikian, tidak mudah bagi Valjean untuk diterima masyarakat. Dia masih dilabeli sebagai pencuri.

Hanya Uskup Digne yang tidak memperlakukan seperti itu. Valjean disambut Digne dengan tangan terbuka dan belas kasih. Namun, kehidupan Valjean tidak mulu dan penuh masalah.

Dalam rasa putus asa, Valjean mencuri perak. Ketika polisi menangkapnya, Valjean berdalih jika perak tersebut hadiah dari uskup. Valjean selamat dan uskup justru memberinya lagi dua kantung perak.

Valjean sadar diri jika uskup telah menyelamatkan nyawanya. Lalu, dia memutuskan untuk berubah dengan kehidupan yang lebih baik.

Untuk itu, di mengubah identitas dan membatalkan pembebasan bersyarat, termasuk tiket kuning pembebasannya.

Sekitar 8 tahun kemudian, Valjean menjelma sebagai pengusaha dan sekaligus wali kota di sebuah kota kecil. Dia menanggalkan nama lamanya dan kini berjuluk Madelaine.

Salah satu karyawan pabriknya bernama Fantine. Dia "anak haram" yang diperlakukan tidak adil. Mandor yang sering ditolak ajakan kencannya oleh Fantine, memecatnya.

Selain itu, para wanita pekerja pabrik lainya rusuh meminta Fantine dipecat karena dianggap biang masalah.

Fantine berada dalam kondisi memprihatinkan. Dia tidak punya uang setelah dipecat dan harus menebus obat-obatan putrinya yang sedang sakit. Apapun dijualnya, termasuk liontin berharga dan tubuhnya untuk dilacurkan kepada lelaki hidung belang.

Suatu hari, Fantine menolak ajakan caon pelanggan. Namun, tamunya itu justru menfitnah jika Fantine telah menyerangnya. Akibatnya, Inspektur Javert akan mengirim Fantine ke penjara.

Mendengar hal itu, wali kota Madelaine ikut turun tangan membebaskan. Madelaine mengenali Fantine sebagai mantan anak buahnya di pabrik dan berjanji untuk membantunya. Fantine dikirim ke rumah sakit karena tubuhnya memang sedang tidak sehat.

Di rumah sakit, Fantine ternyata makin parah dan menunjukkan sekarat. Madelaine berjanji akan merawat putri Fantine, Cosette, sepeninggalnya. Selama ini, Cosette tinggal dengan pasangan yang mengerikan yang mengelola penginapan di Montfermeil.

Cosette hidup dalam tekanan bersama pasangan Thenardiers. Perlakuan mereka cukup kejam. Mereka memiliki putri bernama Eponine yang menja dan ikut keras memperlakukan Cosette.

Demi memenuhi janjinya, Madeliane datang menjempur Cosette. Saat sampai di tempat, Madelaine menemukan Cosette ketakutan di hutan gelap. Lalu, Madelaine menebus anak itu dari Thenardiers dan membawa hidup bersamanya.

Berlanjut 9 tahun kemudian, Thenardiers dan anaknya Epononie pindah di kota Paris. Mereka masih seperti zaman lampau yang jahat kepada orang lain. Mereka memangsa orang lain untuk bertahan hidup.

Suatu hari, Eponine bertemu Madelaine dan Cosette. Di usia mereka yang menginjak remaja, ternyata Eponine jatuh hati dengan Marius. Marius adalah seorang siswa yang ternyata jatuh cinta pada Cosette.

Dari situ, terjadilah berbagai cerita untuk mendapatkan cinta. Marius meminta Eponine agar membantunya menemukan Cosette.

Sementara itu Eponine yang patah hati, menyanggupinya.Dalam perjalanannya, semua itu tidaklah mudah.

Bagaimana akhir cerita ini? Simak kisah selengkapnya melalui film Les Miserables.


Baca juga artikel terkait FILM MOLA TV atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight