Sinopsis Film Monstrum di Trans7: Perburuan Monster Buas di Joseon

Oleh: Maria Ulfa - 3 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Film fantasi-kolosal ini menceritakan tentang muncul desas-desus adanya binatang buas di gunung Inwangsan yang disebut Monstrum.
tirto.id - Film Korea berjudul Monstrum akan tayang malam ini, Senin (3/8/2020) pukul 21.30 WIB di K-Movievaganza Trans7.

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Huh Jong Ho, sineas di balik film The Advocate: A Missing Body (2015), Countdown (2011), hingga Meet Mr. Daddy (2007).

Sinopsis film Monstrum


Film fantasi-kolosal ini menceritakan tentang tahun ke-22 masa kepemimpinan Raja Jung Jong (Kim Hee Soon) di Joseon. Namun, sebuah wabah aneh muncul di Joseon dan membuat kepanikan masyarakat.

Selain itu, muncul desas-desus tentang adanya binatang buas di gunung Inwangsan yang disebut Monstrum, dan hal itu menambah kepanikan warga kerajaan.

Untuk mengatasi kepanikan itu, Raja Jung Jong lantas membawa kembali jenderal kepercayaannya, Yun Kyum (Kim Myung Min) yang seharusnya telah penisun.

Yun Kyung lantas membawa anak perempuannya, Myung (Hyeri) untuk bergabung dengannya menangkap monster tersebut.

Bersama tangan kanannya, Sung Han (Kim In Kwon), petugas pengadilan Heo (Choi Woo Shik), dan anak perempuannya, Yun Kyum pun berangkat ke gunung untuk menemukan binatang misterius tersebut.

Lantas, apakah Monstrum itu nyata? Atau hanya isapan jempol dan imajinasi massa yang merasa ketakutan? Lalu, mampukah penduduk Joseon hidup dengan damai lagi?

Film Monstrum sendiri dibuat berdasarkan kisah nyata. Pada 1527, Raja Jung Jong memang dipindahkan ke tempat lain untuk menghindari monster yang muncul di istana kerajaan Joseon.

Monstrum telah tayang di Korea Selatan pada 12 Septembe 2018, dan berhasil menggaet lebih dari 723 ribu penonton dengan pendapatan mencapai 5,1 juta dolar Amerika.

Pada penayangan perdana, Monstrum berhasil menduduki box office Korea dengan jumlah 105.255 penonton. Dilanjutkan hingga hari kedua, menggeser film Searching dan The Predator yang saat itu juga tayang di Korea.

Film ini juga dibintangi oleh deretan aktor Korea ternama lainnya, seperti Lee Kyung Young, Park Sung Woong, Lee Kyu Bok, Kim Joong Hee, Lee Seon Ahn, Hong Ji Yoon, Joo Ye Rim, dan masih banyak lagi.

Film berdurasi 105 menit ini didistribusikan oleh Lotte Entertainment dan Kidari Ent serta berhasil tayang di 1.183 layar bioskop. Kemudian, Monstrum juga tayang di platform video on demand (VOD) dan digital download mulai 8 Oktober 2016.


Baca juga artikel terkait MONSTRUM atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight