Sinopsis Film Isle of Dogs: Perjuangan Mencari Anjing Kesayangan

Oleh: Fatimatuzzahro - 26 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Isle of Dogs: sebuah kota di Jepang terjangkit wabah flu anjing yang tak hanya menjangkiti anjing, tetapi juga bisa menulari manusia.
tirto.id - Isle of Dogs adalah film animasi bergenre adventure comedy produksi Indian Paintbrush, American Empirical Pictures, dan Scott Rudin Productions. Film ini disutradarai oleh Wes Anderson dan melibatkan sang sutradara beserta Roman Coppola, Kunichi Nomura, dan Jason Schwartzman dalam penulisan naskah.

Perdana tayang di Festival Film Internasional Berlin pada 15 Februari 2018, Isle of Dogs meraih banyak penghargaan. Film ini masuk dalam puluhan nominasi dan berhasil mengantongi 34 trofi juara.

Isle of Dogs menang dalam kategori Best Animated Film di Atlanta Film Critics Circle 2018 dan International Cinephile Society Awards 2019. Film ini juga mengantarkan Anderson menggaet penghargaan dalam kategori Best Director di Berlin Film Festival 2018.

Berdurasi 101 menit, film ini menggunakan bahasa Inggris dan Jepang sebagai narasi dialog.

Isle of Dogs mendapat respons sangat baik dari publik. Laman IMDb memberi skor sebesar 7,9/10 dari 142.177 penilai. Sedangkan rating film ini di situs Rotten Tomatoes mencapai 90 persen dan 87 persen dari pengulas.


Sinopsis Film Isle of Dogs

Isle of Dogs berlatar di Megasaki, sebuah kota di Jepang yang terjangkit wabah flu anjing. Wabah flu ini tak hanya menjangkiti anjing, tetapi juga bisa menulari manusia.

Untuk mengatasi semakin masifnya penyebaran virus, Profesor Watanabe, anggota Partai Sains tengah mengembangkan vaksin. Namun, saran tersebut ditolak oleh Kenji Kobayashi yang merupakan wali kota sekaligus lawan politik Watanabe. Kenji justru mengesahkan dekrit yang memindahkan seluruh anjing ke Trash Island.

Anjing pertama yang dipindahkan bernama Spot Kobayashi, anjing penjaga Atari, keponakan Kenji.

Sesuai dengan namanya, Trash Island hanya dipenuhi sampah. Semua anjing hidup dengan begitu mengenaskan. Makanan adalah barang langka. Bahkan, banyak anjing yang memutuskan bunuh diri daripada kelaparan.

Khawatir dengan anjingnya, Atari mencari Spot di Trash Island. Di sana, ia bertemu dengan sekawanan anjing, yakni Duke, Boss, Rex, King, dan Chief. Kelima anjing tersebut membantu Atari menemukan Spot.

Sementara itu, Kenji membuat berita bohong di media bahwa Akira telah diculik oleh kelima anjing tersebut. Kenji bahkan bersumpah akan memberi hukuman pada Akira dan anjing-anjingnya setelah mereka ditemukan.

Kenji terus berusaha membuat berita buruk mengenai anjing demi kemenangannya dalam pemilu yang akan diadakan sebentar lagi. Ia memanfaatkan sikap penduduk kota yang anti terhadap anjing agar dapat kembali menjabat.

Atari mendapat informasi bahwa Spot diculik oleh sekumpulan anjing kanibal. Anjing kanibal bertempat di pinggir Trash Island. Untuk dapat sampai ke sana, Akira mesti melewati tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

Di TPA, semua pengunjung harus melewati mesin yang pendeteksi identitas. Dengan mesin tersebut, keberadaan Akira di TPA diketahui oleh Kenji. Akira dihadang oleh tentara dan polisi.

Akankah Akira dapat selamat dan menemukan Spot? Simak kelanjutannya dalam Isle of Dogs yang juga bisa disaksikan secara streaming melalui Google Play Movies.


Baca juga artikel terkait ISLE OF DOGS atau tulisan menarik lainnya Fatimatuzzahro
(tirto.id - Film)

Kontributor: Fatimatuzzahro
Penulis: Fatimatuzzahro
Editor: Ibnu Azis
DarkLight