Sinopsis Film Indonesia Gending Sriwijaya Besutan Hanung Bramantyo

Oleh: Jessica Amelia Hapsari - 11 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Film Indonesia Gending Sriwijaya yang ditulis dan disutradarai oleh Hanung Bramantyo.
tirto.id - Film Gending Sriwijaya yang disutradai oleh Hanung Bramantyo ini rilis pada tahun 2013. Film ini mengisahkan tentang kerajaan Sriwijaya.

Pada abad ke 6, Pulau Sumatera dikenal sebagai pulau emas. Saat Sriwijaya berkuasa, pulau itu menjadi pusat perdagangan dan juga maritim di Asia dan membawahi beberapa Kedatuan.

Namun, kehadiran Rajendracola pada abad ke-10 menjadi titik pelik kerajaan ini. Sriwijaya mengalami keruntuhan. Wilayah yang barada di bawah kekuasaan Sriwijaya pun melepaskan diri dan bersaing merebut kekuasaan di "pulau emas" itu.

Kedatuan Bukit Jerai berusaha di wilayah selatan Sumatera berusaha untuk mengembalikan kejayaan Sriwijaya. Namun upaya itu dihalangi oleh sikap rakus dan korup dari para pejabat

Selain itu, perampokan, pembunuhan, serta saling adu kekuatan pun terjadi. Berbagai pihak saling menjatuhkan untuk mendapatkan kekuasaan dan juga harta untuk bertahan hidup. Demikian diceritakan di awal film Gending Sriwijaya.

Film Gending Sriwijaya berawal dari munculnya Ki Goblek (Mathias Mucus). Dikenal sebagai pemimpin dari pasukan perampok, ia membela rakyat lemah dan juga kelaparan. Tidak pandang bulu, ia akan membunuh siapapun yang tidak berperikemanusiaan dan juga haus kekuasaan.

Kelompok Ki Goblek ini ditakuti oleh pasukan istana. Banyak rakyat dan juga prajurit yang segan padanya. Sehingga banyak rakyat di Kedatuan Bukit Jerai yang mengandalkan Ki Goblek.

Kedatuan Bukit Jerai, adalah kerajaan kecil yang dipimpin oleh Dapunta Hyang Mahawangsa dengan permaisurinya Ratu Kalimanyang.

Lain halnya dengan keadaan di istana. Dapunta Hyang Mahawangsa (Slamet Raharjo) yang menjabat sebagai raja sedang sakit keras. Ia merasa sedih dan juga terpuruk karena kondisinya yang tidak kian membaik. Akhirnya ia memutuskan akan memberikan tahtanya pada kedua anaknya.

Kedua anak Dapunta sendiri bernama Awang Kencana (Agus Kuncoro) dan Purnama Kelana (Sahrul Gunawan). Dapunta merasa Purnama memiliki kemampuan intelektual yang tinggi dibandingkan Awang Kencana yang hanya mengandalkan kemampuan fisik.

Film Gending Sriwijaya dibintangi oleh Slamet Rahardjo, Agus Kuncoro, Sahrul Gunawan, Hafsary Thanial Dinoto, Mathias Muchus, Julia Perez, Oim Ibrahim hingga Jajang C Noer.

Gending Sriwijaya sudah rilis di Netflix. IMDb memberi bintang 6,4 pada film yang ditulis oleh Hanung Bramantyo ini.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Jessica Amelia Hapsari
(tirto.id - Film)

Kontributor: Jessica Amelia Hapsari
Penulis: Jessica Amelia Hapsari
Editor: Yantina Debora
DarkLight