Sinopsis FIlm Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 2 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Jones berusaha mengungkap teka-teki di Peru dari sebuah surat yang diberikannya.
tirto.id - Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull hadir di program Bioskop Spesial Trans TV malam ini, Selasa (2 Maret 2021). Bagian ke 4 dari film Indiana Jones ini dijadwalkan tayang pada pukul 19.00 WIB jika tdak ada perubahan judul dari stasiun televisi.

Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull mencertakan tentang petualangan arkelog bernama Dr. Henry "Indiana" Jones, Jr. Pada 1957, dia mendapatkan misi untuk terlibat dalam proyek Soviet untuk mengungkap rahasia dari artefak misterus. Artefak itu dijuluki dengan Tengkorak Kristal.

Film berdurasi 2 jam 2 menit ini mendapatkan debutnya pada 22 Mei 2008. Proses syutingnya dilakukan pada 18 Juni 2007 sampai 11 Oktober 2007 dengan mengambil setting tempat di Amerika Serikat, Brazil, dan Argentina. Dengan menggunakan anggaran produksi sekitar 185 dolar AS, film tersebut mampu meraup pendapatan bruto di seluruh dunia lebih dari 790 juta dolar AS.

Pemain pendukung Indiana Jones 4 ini antara lain Harrison Ford, Cate Blancet, Shia LaBeouf, Karen Allen, Ray Winstone, dan John Hurt. Film petualangan penuh visual efek tersebut ditangani sutradara Steven Spielberg. Dari arahannya, banyak penghargaan yang diterima untuk film ini.

Penghargaan tersebut di antaranya datang dari Academy of Science Fiction, Fantasy & Horror Films, USA 2009 untuk kategori Best Costume. Sementara dari National Movie Awards, UK 2008 memenangkan kategori Best Action/Adventure. Dan, di IMDb, Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull memperoleh rating 6,2 dari 10 melalui 426.808 penilaian.

Sinopsis Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull



Film ini mengisahkan Indiana Jones dan Mac yang diculik oleh agen Soviet yang bekerja untuk Irina Spalko. Saat itu, mereka sedang melakukan penggalian arkeologi di negara Meksiko.

Alasan penculikan itu untuk menyuruh Jones mencari mumi dari datangnya UFO Roswell 10 tahun lalu. Jones dibawa ke lokasi yang diduga menjadi tempat terkuburnya mumi.

Hal yang mengejutkan, ternyata Mac bukanlah orang yang bisa dipercaya. Dia mengaku telah bekerja sebagai agen ganda untuk badan intelijen Uni Soviet.

Namun, Jones kesulitan menemukan mumi itu. Diam-diam dirinya melarikan diri ke Nevada Tes Site di Amerika Serikat. Sayangnya, Jones justru ditangkap FBI dengan dicurigai sebagai mata-mata Soviet.

Di lain hari, Jones bertemu Mutt William. Mutt mengatakan jika Harold Oxley menemukan tengkorak kristal di Peru. Namun, Mutt juga mengatakan saat itu Oxley dan ibunya Mutt diculik

Jones lalu menuturkan mengenai legenda tengkorak kristal yang ditemukan di Akator. Mutt kemudian menyerahkan surat dari ibunya yang berisiko dengan tulisan kuno tentang teka-teki dari Oxley.

Keberadaan Jones dan Mutt ternyata telah diintai. Saat mereka membahas tengkorak kristal, datang dua agen Soviet dan mencoba menangkap. Untungnya, Jones dan Mutt berhasil melarikan diri.

Mereka berdua lalu menuju Peru da menemukan coretan Oxley pada dinding dan rumah sakit jiwa. Setelah ditelusuri lebih lanjut, Jones menemukan kuburan Fransisco de Orellana. Fransisco adalah seorang Consquistador.

Apa rahasia di balik teka-teki Oxley? Simak kelanjutan ceritanya melalui film Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM INDIANA JONES AND THE KINGDOM OF THE CRYSTAL SKULL atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight