Sinopsis Film India Panipat yang Rilis di Indonesia Hari Ini

Oleh: Yantina Debora - 6 Desember 2019
Sinopsis Panipat, film India soal pertempuran Panipat yang rilis di bioskop Indonesia.
tirto.id - Pada tahun pada 1761, Kekaisaran Maratha di Hindustan mencapai puncak tertinggi dan tidak ada yang menantang mereka.

"Kita adalah penguasa seluruh Hindustan, tak seorang pun di tanah ini yang berani melawan kerajaan Maratha," kata Raja Maratha.

Namun muncul Ahmad Shah Abdali (Sanjay Dutt), Raja Afghanistan yang mulai mengarahkan pandangannya pada takhta Maratha di Hindustan.

"Penyerbuan Abdali artinya penghinaan bagi seluruh Hindustan," kata sang Raja.

Abdali menyerang Hindustan dengan membawa 100.000 tentara. Dalam penyerbuan sebelumnya, Sungai Yamuna berubah menjadi merah oleh darah para tentara selama tujuh hari.

Saat itulah Sadashiv Rao Bhau (Arjun Kapoor), Panglima Angkatan Darat Maratha memimpin ekspedisi utara untuk mengusir pasukan penyerang Ahmad Shah Abdali.

Ia diminta untuk memberi pelajaran kepada Abdali sehingga dia takkan berani lagi melihat ke arah Hindustan

Sadashiv merupakan panglima yang dikenal akan keberanian dan hanya bertindak demi kebaikan Kerajaan Maratha.

Kisah ini akan hadir dalam film India berjudul Panipat besuta Ashutosh Gowariker. Film India Panipat dibintangi oleh Arjun Kapoor, Sanjay Dutt, Kriti Sanon.

Film India ini berdasarkan pada kisah pertempuran Panipat ketiga yang terjadi pada 14 Januari 1761. Pertempuran Panipat Pertama terjadi pada 21 April 1526, terjadi antara pasukan invasi Babur dan Kekaisaran Lodi. Ini terjadi di utara India dan menandai permulaan Kekaisaran Mughal.

Film Panipat berdurasi 171 menit ini tayang mulai 6 Desember 2019 termasuk di bioskop Indonesia.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM PANIPAT atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Film)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight