Sinopsis Film Hacksaw Ridge: Kisah Tentara PD II Penolak Pembunuhan

Oleh: Syamsul Dwi Maarif - 2 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Hacksaw Ridge: Garapan Mel Gibson sebagai sutradara ini mengisahkan kisah tentara AS yang tidak mau membunuh di PD II.
tirto.id - Film Hacksaw Ridge akan tayang di program Bioskop Trans TV malam ini, Jumat, 2 April 2021 pada pukul 21:30 WIB, jika tidak ada perubahan jadwal yang diputuskan pihak stasiun televisi.

Berlatar Perang Dunia II, film ini berkisah tentang Desmond T. Doss, yaitu seorang dokter tentara Amerika Serikat yang bertugas dalam pertempuran Okinawa.

Desmond menolak untuk membunuh orang, dan menjadi tentara pertama dalam sejarah AS yang menerima Medal of Honor tanpa melepaskan tembakan.

Disutradarai oleh Mel Gibson, naskah skenario Hacksaw Ridge ditulis Robert Schenkkan bersama Andrew Knight berdasarkan kisah nyata pengalaman Desmond Doss di PD II. Adapun sejumlah pemeran yang terlibat di film tersebut adalah Andrew Garfield, Vince Vaughn, Sam Worthington, dan Luke Bracey.

Perusahaan yang memproduksi film Hacksaw Ridge adalah Summit Entertainment dan Cross Creek Pictures dibantu 13 studio lainnya. Sementara distribusinya ditangani oleh Lionsgate.

Pada tanggal 4 September 2016, Hacksaw Ridge dirillis secara perdana di Italia dalam Venice Film Festival. Kemudian, film ini rilis di Inggris pada 24 September 2016.

Di situs IMDb, hingga kini film Hacksaw Ridge memperoleh rating 8,1/10 dari 443.580 penilai, dan memperoleh penilaian lumayan positif di Rotten Tomatoes: skor tomatometer 84 persen serta 91% dari penonton.

Hacksaw Ridge sekaligus masuk 4 nominasi Oscar pada Academy Awards ke-89, yaitu di kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik untuk Garfield, dan Pengeditan Suara Terbaik, serta memenangkan 2 piala di kategori Pencampuran Suara Terbaik dan Pengeditan Film Terbaik.

Sinopsis Film Hacksaw Ridge

Film Hacksaw Ridge berkisah tentang Desmond Doss yang ingin bergabung sebagai tentara medis Angkatan Darat Amerika Serikat. Namun, dia menolak memegang senjata dan membunuh.

Desmond merupakan lelaki yang religius dan taat pada larangan membunuh sesuai perintah dalam Alkitab. Selain religius, Desmond memiliki pengalaman pertengkaran yang hampir mengakibatkan kematian.

Memegang prinsip tidak mau membunuh membuat Desmond dibenci banyak tentara AS lainnya di Perang Dunia II. Dia bahkan harus dipenjara karena tuduhan pembangkangan.

Namun, berkat ayahnya Thomas Doss (bekas Jenderal Angkatan Darat AS), Desmond dikeluarkan dari penjara dan dinyatakan lulus sebagai tentara medis.

Pada 1945, Desmond ditugaskan ke Okinawa, Jepang, bersama pasukan AS yang mendapatkan misi menduduki bukit bernama Hacksaw Ridge yang tengah dikuasai oleh militer Jepang.

Saat melaksanakan tugas di tempat itu Desmond membuat banyak orang terkesima dan mengakui ketulusan hatinya. Tanpa berbekal senjata, Desmond justru menjadi sosok penting yang menjadi penentu keberhasilan misi pasukan AS.

Bagaimana kelanjutan kisah Desmond sebagai tentara medis dan keberhasilannya mendapat Medal of Honor? Saksikan kisah selanjutnya di Film Hacksaw Ridge yang tayang dalam Bioskop Trans TV pada Jumat, 2 April 2021, pukul 21.30 WIB.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Film)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Addi M Idhom
DarkLight