Sinopsis Film Dokumenter The Edge of Democracy Rilis di Netflix

Oleh: Sirojul Khafid - 19 Juni 2019
Sinopsis film dokumenter The Edge of Democracy yang tayang di Netflix hari ini.
tirto.id - The Edge of Democracy, film dokumenter karya Petra Costa rilis hari ini, Rabu (19/6/2019) di Netflix.

Film ini bercerita soal usai rezim militer memimpin Brazil dalam waktu yang lama, Luiz Inacio Lula da Silva (biasa dipanggil Lula) menjadi presiden dari partai buruh. Tumbangnya rezim militer memberikan kegembiraan yang luar biasa bagi masyarakat Brazil.

Sejak saat itu, pembangunan ekonomi dilakukan secara ambisius. Barack Obama menyebut bahwa Lula merupakan salah satu politisi terpopuler di dunia. Mantan pekerja baja ini memerintah Brazil selama delapan tahun.

Kepemimpinan Brazil digantikan oleh Dilma Rousseff, sekutunya dari Partai Buruh (PT) yang merupakan seorang ekonom. Dia pernah dipenjara oleh rezim diktator yang memerintah Brazil pada tahun 1964 hingga 1985. Rousseff merupakan presiden perempuan pertama di Brazil.

Keadaan berangsur-angsur berubah. Mulai muncul dugaan-dugaan korupsi di pemerintahan. Melalui salah satu investigasi korupsi “Car Wash”, Rousseff dimakzulkan dan Lula dipenjara.


Setelah pemakzulan tersebut, Brazil dipimpin oleh Jair Bolsonaro, seorang pengagum kediktatoran lama dan bagian dari tren global menuju populisme.

Melansir The New York Times, orang tua Petra Costa merupakan aktivis sayap kiri. Ibunya pernah dipenjara bersama Rousseff oleh rezim militer pada tahun 60-an dan 70-an. Hal tersebut membuat aksesnya kepada pihak sayap kiri dan mantan-mantan orang pemerintahan menjadi mudah dalam pembuatan film dokumenter ini.

Musuh utama Costa dalam film adalah industri yang telah membengkokkan cita-cita demokrasi. Cita-cita yang diselewengkan oleh musuh politik dan termasuk juga pahlawan politik Costa.

Sebelumnya, The Edge of Democracy pernah tayang di Sundance Film Festival, SFFilm Festival, Hotdocs 2019, Full Frame 2019, Montclair Film Festival 2019, dan CPH:Dox 2019. Film berdurasi 113 menit ini mendapat skor dari situs Rotten Tomatoes sebesar 93 persen.

Baca juga artikel terkait FILM NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yantina Debora
DarkLight