Sinopsis Film Divergent: Ketika Kehidupan Terbagi di 5 Faksi

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 26 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Divergent: kehidupan masyarakat yang terbagi dalam 5 faksi.
tirto.id - Bioskop Trans TV malam ini, Senin (26/7/2021) menghadirkan Divergent yang diilhami dari novel karya Veronica Roth. Film ini dijadwalkan untuk mengudara pada pukul 19.30 WIB.

Film ini merupakan bagian pertama dari sekuel Divergent yaitu The Divergent Series: Insurgent (2015) dan The Divergent Series: Allegiant (2016). Divergent bagian pertama mendapatkan debutnya pada 21 Maret 2014.

Dalam sinema karya stradara Neil Burger ini diceritakan tentang kehidupan manusia yang terpilah ke beberapa faksi berdasar kecakapan yang dimiliki seseorang.

Jika seseorang ditemukan memiliki beberapa kecakapan, maka dia menjadi golongan terasing yang dianggap membahayakan. Golongan dengan banyak kecakapan ini disebut Divergent.

Film Divergent didukung oleh peran dari aktor Shailene Woodley, Theo James, Kate Winslet, Jai Courtney, Ashley Judd, dan Ray Setevenson.

Di situs IMDb, film berdurasi 2 jam 19 menit ini mengatongi rating 6,6 dari 10. Sementara itu, Divergent telah mengantongi pendapatan lebih dari 288 juta dolar dari penayangannya di seluruh dunia.

Sinopsis Film Divergent


Film Divergent menceritakan tentang tatanan dunia yang memilah manusia ke dalam lima faksi berbeda. Saat seorang anak menginjak usia 16 tahun, dia diwajibkan untuk mengikuti tes penentuan faksi.

Seseorang dinilai sifat yang menonjol dalam dirinya, lalu hasilnya menentukan ke faksi mana dirinya akan masuk. Seleksi ini dilakukan dengan tes kecakapan. Anggota masing-masing faksi mempunyai dipilih berdasarkan sifat yang paling menonjol.

Faksi Candor dikenal mempunyai sifat jujur. Faksi Erudite memiliki sifat jenius dan faksi Amity kondang dengan sifat suka damai. Lalu, faksi Dauntless mempunyai sifat pemberani dan Abnegation diketahui menonjol untuk sifat penolong tanpa pamrihnya.

Hanya saja, akan ada golongan tersisih di luar 5 faksi yang dinamakan Divergent. Orang yang dalam seleksi tes kecakapan memperoleh hasil memiliki lebih dari satu sifat menonjol, maka dia dimasukkan dalam golongan ini. Salah satu orang yang ada di golongan Divergent adalah Beatrice Prior (Tris).

Mulanya, Tris ingin masuk ke faksi Abnegation, Dauntless, atau Erudite. Dalam tes kecakapan yang yang dilakukan oleh Tori, ternyata Tris memiliki kecakapan lebih dari satu. Tori berusaha merahasiakan hal tersebut karena golongan Divergent dinilai berbahaya dan mengganggu sebuah faksi.

Selain golongan Divergent, ada masalah juga di antara para faksi. Salah satu faksi merasa ingin tampil lebih hebat di antara faksi lainnya. Hal inilah yang kemudian mengancam keharmonisan antarfaksi yang telah terjalin selama ini.

Tris berada dalam kebimbangan dengan kondisinya yang multi kecakapan. Sementara para faksi juga berpotensi mengalami konflik.


Baca juga artikel terkait DIVERGENT atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight