Sinopsis Film Ali & Ratu-Ratu Queens: Perjuangan Anak Mencari Ibu

Oleh: Nirmala Eka Maharani - 19 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Ali dan Ratu-Ratu Queens mengisahkan perjalanan seorang anak mencari ibunya.
tirto.id - Film Ali & Ratu-Ratu Queens mengisahkan perjuangan seorang anak yang mencari ibunya di New York. Film ini bisa disaksikan di Netflix mulai 17 Juni 2021.

Awalnya, Ali & Ratu-Ratu Queens akan tayang di bioskop pada 2020, tetapi ditunda karena pandemi Covid-19. Naskah Ali & Ratu-Ratu Queens ditulis oleh Gina S Noer, peraih piala FFI 2019 untuk Penulis Skenario Asli Terbaik dan Penulis Skenario Adaptasi Terbaik dalam film Dua Garis Biru.

Sutradara Ali & Ratu-Ratu Queens adalah Lucky Kuswandi. Ia membuat film ini berdasarkan pengalaman pribadi produser Muhammad Zaidy atau biasa disapa Eddy, ketika ia tinggal di New York dan bertemu banyak imigran dari berbagai negara dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Sosok Ali diperankan oleh Iqbaal Ramadhan. Ia ditinggal ibunya ke New York ketika masih kecil dan harus merawat ayahnya (Ibnu Jamil) yang mengidap penyakit stroke. Mia (Marissa Anita), harus meninggalkan Ali untuk mengejar impiannya menjadi seorang penyanyi di kota New York.

Ketika sang ayah meninggal, Ali yang sudah remaja memberanikan diri untuk mencari ibunya ke New York dengan berbekal foto dan sejumlah surat yang pernah dikirim oleh sang ibu.

Pencarian terhadap keberadaan ibunya tentu tidaklah mudah. Setibanya di New York, Ali berkeliling dan mengetuk pintu-pintu rumah untuk menanyakan keberadaan Mia.

Menariknya, Ali justru bertemu dengan empat imigran asal Indonesia yang juga mengenal Mia, mereka adalah Ratu-Ratu Queens. Queens merupakan sebutan untuk daerah yang mereka tinggali di New York.

Party (Nirina Zubir) bekerja sebagai cleaning lady dengan sifat keibuan dan penuh perhatian. Biyah (Asri Welas), seorang bonek yang terdampar di New York dengan aksen Jawa yang masih sangat kental.

Ada juga Ance (Tika Panggabean) seorang ibu tunggal dengan watak galak dan tingkah laku lucu. Ratu terakhir adalah Chinta Happy Salma) yang datang ke New York untuk mengejar cintanya tetapi harus kandas dan berakhir menjadi seorang tukang pijat.

Keempat imigran tersebut sepakat untuk membantu Ali mencari Mia. Setelah beberapa waktu, Ali berhasil bertemu dengan Mia, tetapi ia harus menghadapi kenyataan pahit.

Mia telah menikah kembali dan memiliki dua anak. Mia menyuruh Ali kembali ke Indonesia. Hal tersebut membuat Ratu-Ratu Queens murka dan menyayangkan perlakuan Mia pada Ali.

Bagaimana kisah Ali selanjutnya? Akankah ia tetap berjuang untuk mendapatkan ibunya kembali?


Baca juga artikel terkait ALI DAN RATU RATU QUEENS atau tulisan menarik lainnya Nirmala Eka Maharani
(tirto.id - Film)

Kontributor: Nirmala Eka Maharani
Penulis: Nirmala Eka Maharani
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight