Sinopsis Film 5 cm: Perjuangan 5 Sahabat Taklukkan Mahameru

Oleh: Adilan Bill Azmy - 5 Oktober 2021
Dibaca Normal 2 menit
Film 5 cm menceritakan tentang kisah 5 sahabat yang sudah setahun tidak bertemu untuk menaklukkan puncak Mahameru di Gunung Semeru.
tirto.id - Film 5 cm menceritakan tentang kisah 5 sahabat untuk menaklukkan puncak Mahameru di Gunung Semeru, Jawa Timur. Film Indonesia bergenre drama petualangan ini merupakan adaptasi dari novel yang berjudul serupa karangan Donny Dhirgantoro.

Pertama kali tayang di bioskop Indonesia pada 2012, film 5 cm digarap Rizal Mantovani sebagai sutradara dan dibintangi oleh Herjunot Ali, Fedi Nuril, Denny Sumargo, Saykoji, Raline Shah, dan Pevita Pearce.

Penjualan novel maupun film 5 cm meledak di awal kemunculannya. Menurut situs filmindonesia.or.id, film ini meraih box office pada 2012 dengan jumlah penonton sebanyak 2,5 juta orang. Sedangkan versi novelnya menjadi best seller selama dua tahun berturut-turut, yakni pada 2005 dan 2006.

Tak hanya itu, film 5 cm juga mendapat 5 nominasi Piala Citra untuk kategori Film Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, dan Pengarah Artistik Terbaik.

Dari 5 kategori tersebut, film dengan durasi 125 menit ini berhasil memenangkan Pengarah Sinematografi Terbaik untuk Yudi Datau dalam Festival Film Indonesia 2013.

Bagi sang sutradara, Rizal Mantovani, film 5 cm merupakan salah satu pencapaian terbaiknya. Sebelumnya, ia pernah memenangi Piala Citra Special Award lewat film garapannya, Kuldesak (1999).

Karakter Pemeran Film 5 cm

5 cm menghadirkan Fedi Nuril, Herjunot Ali, Igor Saykoji, Denny Sumargo, serta Raline Shah, yang berperan sebagai 5 sahabat pemeran utama film ini. Kelima orang ini memiliki karakter yang berbeda satu sama lain.

Genta (Fedi Nuril) adalah sosok yang bijaksana dan paling dewasa di antara keempat sahabatnya. Kemudian Zafran (Herjunot Ali) merupakan lelaki puitis dan penuh percaya diri. Zafran menaruh hati kepada Dinda (Pevita Pearce), adik perempuan Arial (Denny Sumargo).

Arial sendiri digambarkan sebagai pemuda maskulin yang berbadan kekar. Namun di sisi lain, ia mudah grogi ketika berhadapan dengan wanita. Berikutnya ada Riani (Raline Shah), satu-satunya wanita di antara 5 sahabat ini. Riani merupakan sosok perempuan mandiri, cerdas, dan ambisius.

Terakhir, Ian (Igor Saykoji) yang merupakan pria paling humoris dalam geng, mudah mengundang gelak tawa dan selalu menghadirkan suasana ceria, namun ia sulit membuka perkenalan dengan orang lain.


Sinopsis Film 5 cm

Film 5 cm dimulai dengan Genta yang membuat tantangan bagi sahabat-sahabatnya. Ia ingin menguji kesetiakawanan mereka dengan cara berpisah dan tidak bertemu sama sekali selama setahun penuh.

Genta kemudian menentukan waktu dan tempat pertemuan mereka, yakni di sebuah stasiun. Sebelum pertemuan, Genta menyebutkan barang apa saja yang harus mereka bawa. Ternyata, ia ingin mengajak para sahabatnya untuk mendaki Gunung Semeru.

Di sela penantian selama setahun, kelima sahabat ini saling merindukan satu sama lain. Jika sebelumnya mereka berlima selalu bersama-sama, kini mereka harus menghadapi hidup masing-masing.

Ian paling kesulitan pada masa penantian ini. Tidak pernah terpikir olehnya untuk menjalani hidup tanpa sahabatnya. Kepribadiannya yang sulit berkenalan dengan orang baru mempersulitnya dalam menjalani hari demi hari.

Hingga tibalah hari pertemuan yang ditunggu-tunggu. Kelima karib ini sangat antusias menuju ke stasiun yang telah ditentukan. Drama sempat hadir ketika Ian hampir saja ketinggalan kereta api. Beruntung, Ian sempat ditarik oleh kawan-kawannya naik ke atas kereta yang telah melaju.

Keseruan petualangan 5 sahabat ini belum selesai sampai di situ. Mereka masih harus mendaki Gunung Semeru yang tidak mudah. Berbagai rintangan harus mereka hadapi untuk bisa mencapai puncak tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru.

Bagaimana akhir dari kisah 5 sahabat ini di Mahameru? Saksikan film 5 cm selengkapnya.


Para Pemeran Film 5 cm

  • Fedi Nuril sebagai Genta
  • Herjunot Ali sebagai Zafran
  • Denny Sumargo sebagai Arial
  • Raline Shah sebagai Riani
  • Igor Saykoji sebagai Ian
  • Pevita Pearce sebagai Dinda
  • Rima Melati Adams sebagai ibu Arial
  • Nadia Dini Amalia sebagai Citra
  • Elkie Kwee sebagai ayah Arial
  • Didi Petet sebagai ayah Ian
  • Anugrah Prahasta sebagai Sukonto Legowo
  • Feny Rose sebagai ibu Zafran
  • Happy Salma sebagai Happy Salma
  • Firrina Sinatrya sebagai Indy

Baca juga artikel terkait HIBURAN atau tulisan menarik lainnya Adilan Bill Azmy
(tirto.id - Film)

Kontributor: Adilan Bill Azmy
Penulis: Adilan Bill Azmy
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight