Sinopsis Exit, Film Yoona SNSD Soal Penyelamatan dari Gas Beracun

Oleh: Hana Afifah Nuraini - 1 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Korea berjudul Exit yang diperankan oleh Jo Jung Suk dan Yoona SNSD.
tirto.id - Exit (Eksiteu) adalah film asal Korea Selatan yang bergenre aksi dan komedi. Diarahkan oleh sutradara Lee Sang Geun, Exit menghadirkan aktor dan aktris seperti Jo Jung Suk, Im Yoon Ah atau yang lebih dikenal sebagai Yoona SNSD, Go Doo Shim, dan Park In Hwan.

Film produksi Filmmaker R&K ini mengambil lokasi di Seoul, Korea Selatan. Berdurasi sekitar 103 menit, Exit menghadirkan aksi menegangkan para tokoh dalam penyelamatan diri dari sebuah bencana artifisial yang dibumbui dengan komedi yang pas.

Dilansir dari IMDb, pada minggu pembukaan di Amerika Serikat pada 4 Agustus 2019, Exit meraup sekitar 32,4 ribu dolar AS. Pendapatan kotor dari bioskop-bioskop di Amerika menghasilkan 470, 6 ribu dollar AS. Sementara itu, cakupan keuntungan dari penayangan secara global menghasilkan 69, 50 juta dolar AS.

Film yang dirilis pada tahun 2019 ini telah ditayangkan di 15 negara. Exit diluncurkan pertama kali di negara asalnya Korea Selatan pada 31 Juli 2019. Di Indonesia, film ini dirilis pada 21 Agustus 2019.

Film yang sarat akan aksi memanjat dan melompat ini sukses membuat penonton merasa tegang. Namun, ketegangan itu dicairkan oleh beberapa adegan lucu. Adegan lucunya tidak berlebihan dan pas untuk situasi yang tegang.

Jo Jung Suk dan Yoona sangat baik dalam membawakan peran masing-masing. Jung Suk mampu menampilkan beragam aksi melompat dan memanjat dengan baik.

Begitu juga dengan Yoona. Anggota girl group SNSD ini terlihat sporty ketika berlari dan melompati atap-atap gedung.

Exit mendapat sambutan yang baik oleh kritikus film, dibuktikan dengan 11 penghargaan dan 18 nominasi yang disabet oleh film ini. Salah satunya adalah penghargaan Asian Film Awards (2020) di mana Lee Sang Geun dinominasikan sebagai Sutradara Baru Terbaik dan penghargaan Baek Sang Art Awards (2020) dimana dirinya menjadi pemenang untuk kategori Screenplay Terbaik.

IMDb merating film ini dengan nilai 7 dari skala 10, sementara Rotten Tomatoes memberi nilai sebanyak 83 persen pada Tomatometer, yang didasarkan pada 6 suara. Skor penonton mencatat 94 persen yang didasarkan pada 34 penilaian.

Sinopsis Exit


Cerita dalam film ini berpusat pada seorang pengangguran bernama Lee Yong Nam (Jo Jung Suk). Ia telah mendaftar pekerjaan ke mana-mana, namun tak ada yang menerimanya.

Meskipun ia belum memiliki pekerjaan, ia memiliki satu keahlian di bidang olahraga. Keahliannya adalah olahraga panjat tebing. Namun, keahlian Yong Nam ini tidak dianggap berharga oleh kakak perempuannya, Jung Hyun (Kim Ji Yeong), yang memintanya untuk segera mendapatkan pekerjaan.

Hingga suatu hari, Yong Nam bertemu dengan mantan gebetannya, Eui Joo (Im Yoon Ah) di peringatan ulang tahun ke-70 ibunya, Hyun Ok (Go Doo Shim). Semasa kuliah, Yong Nam dan Eui Joo tergabung dalam kegiatan panjat tebing. Mereka pun berbincang-bincang, mengenang masa lalu mereka.

Di sisi lain, ada seorang pria misterius yang membocorkan tangki mobil berisi gas beracun. Gas beracun ini menyebar dengan cepat ke seluruh kota, termasuk ke gedung yang disewa untuk perayaan ulang tahun ibu Yong Nam.

Semua orang pun lari untuk menyelamatkan diri. Eui Joo berteriak agar keluarga itu naik ke gedung agar selamat. Hyung Jun tertinggal di mobil, dan ia telanjur menghirup asap. Yong Nam pun menyelamatkan kakaknya yang lemas karena asap.

Mereka berhasil naik ke lantai atas. Nahas, keluarga Yong Nam serta Eui Joo terjebak di gedung dan tak ada jalan keluar selain naik ke atap. Mereka berkejaran naik ke atap dengan gas beracun yang terus membumbung tinggi.



Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Hana Afifah Nuraini
(tirto.id - Film)

Kontributor: Hana Afifah Nuraini
Penulis: Hana Afifah Nuraini
Editor: Yantina Debora
DarkLight