Film Netflix Terbaru 2022

Sinopsis Broad Peak & Link Nonton Film Netflix: Kisah Pendakian

Kontributor: Tifa Fauziah, tirto.id - 24 Sep 2022 16:13 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut sinopsis Broad Peak (2022) dan link nonton Netflix guna menyaksikan film pendakian gunung terbaru tersebut.
tirto.id - Broad Peak (2022) adalah film keluaran terbaru dari Netflix yang mulai tayang pada 14 September 2022. Film garapan sutradara Polandia Leszek Dawid ini mengisahkan pendakian di Gunung Broad Peak, bagian dari Pegunungan Karakoram di perbatasan Pakistan-China.

Terinspirasi dari sebuah kisah nyata, film Broad Peak menceritakan perjuangan pendaki Polandia di Gunung Broad Peak, saat ia menyabung nyawa demi menaklukkan puncak tertinggi ke-12 di dunia (8.051 mdpl), tepat pada musim dingin. Sang pendaki itu adalah Maciej Berbeka.

Namun, bukan sekadar soal pendakian yang dipaparkan film ini. Broad Peak pun memperlihatkan metafora tragedi dari sebuah tekad, hubungan manusia dengan gunung, serta perspektif pendaki saat digerogoti rasa penasaran pada puncak yang sempat gagal ia taklukkan.

Film Broad Peak (2022) dibintangi sejumlah pemeran asal Polandia, seperti Ireneusz Czop (Maciej Berbeka), Maja Ostaszewska (Ewa Berbeka), Lukasz Simlat (Krzysztof Wielicki), Tomasz Sapryk (Andrzej Zawada), Piotr Glowacki (Alek Lwow), dan lain sebagainya.

Dalam menggarap film Broad Peak (2022), sutradara Leszek Dawid bertandem dengan dua penulis naskah, yakni Lukasz Ludkowski dan Maciej Rzaczynski. Tak lama setelah perilisannya, Broad Peak (2022) telah mendapat 1 nominasi untuk kategori Best Film dalam Polish Film Festival 2022.

Di situs IMDB, hingga artikel ini dipublikasikan, film Broad Peak (2022) memperoleh rating 5,9/10. Poin itu hasil dari 671 penilaian di IMDB.


Sinopsis Film Broad Peak & Link Nonton di Netflix

Kisah dalam Broad Peak (2022) berfokus pada karakter Maciej Berbeka. Di dunia nyata, Berbeka merupakan pendaki Polandia kelahiran 1954, dengan reputasi mentereng untuk pendakian gunung pada musim dingin.

Tidak banyak pendaki sekelas Berbeka yang berhasil menembus musim dingin di belasan puncak setinggi 8000-an kaki. Pendakian saat musim dingin jelas lebih berat dan mengancam keselamatan jiwa. Namun, orang-orang seperti Berbeka sangat dibutuhkan untuk misi-misi penyelamatan.

Pada 6 Maret 1988, Berbeka menjadi pendaki pertama di dunia yang mencapai Puncak Rocky pada musim dingin. Namun, titik itu masih 1 jam perjalanan dari puncak tertinggi ketiga di Pegunungan Karakoram, Broad Peak.

Berselang 25 tahun, pada 2013 silam, Berbeka bareng 3 pendaki Polandia lainnya (Adam Bielecki, Tomasz Kowalski, dan Artur Małek) melakukan pendakian demi mencapai Broad Peak. Akan tetapi, insiden naas terjadi.

Setelah tim Polandia itu berhasil mencapai Broad Peak, pada Maret 2013, Berbeka yang berusia 58 tahun dan Kowalski (27 tahun) dinyatakan hilang di ketinggian 7.400 mdpl saat turun gunung.

Asosiasi Pendaki Gunung Polandia lantas menyatakan kematian 2 pendaki itu. Hanya 4 bulan usai pengumuman hilangnya hilangnya Berbeka dan Kowalski, 3 pendaki Iran juga mengalami insiden serupa saat turun dari Broad Peak. Rentetan kejadian ini menjadikan Broad Peak salah satu puncak paling berbahaya di dunia.


Film Broad Peak (2022) menceritakan detail tragedi pendakian ini. Dalam film, dikisahkan bahwa Maciej Berbeka pertama kali mendaki gunung Broad Peak dengan mengikuti sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh Andrzej Zawada pada tahun 1988.

Saat ekspedisi itu, Berbeka menyangka telah sampai di puncak gunung Broad Peak. Lalu turun dan kembali pulang ke tanah airnya. Namun, setelah pulang, Berbeka menyadari satu hal. Ternyata dia belum mencapai puncak sebenarnya di Broad Peak, melainkan titik lebih rendah (Puncak Rocky).

Padahal, Andrzej Zawada mengumumkan bahwa ekspedisi timnya sukses dan berhasil menjangkau titik puncak Broad Peak. Kesal dengan kebohongan rekan-rekannya, Berbeka memutuskan tak lagi mendaki gunung.

Tanpa disangka 24 tahun kemudian, salah satu dari teman ekspedisinya yang bernama Krzysztof Wielicki menghubunginya. Wielicki mengajak Berbeka mengulang ekspedisi pendakian ke gunung Broap Peak agar mereka bisa puncak sebenarnya.

Berbeka sempat bimbang ketika mempertimbangkan tawaran itu. Dia berdiskusi dengan istrinya, Ewa Berbeka yang sebenarnya keberatan dengan rencana pendakian di usia senja sang suami.

Meski demikian, Berbeka akhirnya memutuskan untuk memenuhi ajakan Wielicki. Kalimat ajakan dari sang rekan, "Kita harus menyelesaikan apa yang kita mulai," benar-benar memantik kembali jiwa pendaki Berbeka.

Sebelum menjalankan misi penting sekaligus berbahaya tersebut, Berbeka pun menyiapkan semua yang ia butuhkan. Dia melatih fisik dan menyiapkan mentalnya. Dia paham betul akan ada banyak rintangan berbahaya untuk mencapai puncak Broad Peak, terlebih usianya sudah kepala lima.

Bagaimana perjuangan Berbeka dan rekan-rekannya saat mencapai puncak Broad Peak? Silakan menonton film Broad Peak (2022) di Netflix.

Berikut link untuk menonton film pendakian gunung terbaru pada 2022 itu: Film Broad Peak 2022 .


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Tifa Fauziah
(tirto.id - Film)

Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Addi M Idhom

DarkLight