Sinopsis Braveheart, Film Mel Gibson Soal Tokoh Sejarah Skotlandia

Oleh: Ayub Rustiani - 16 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Braveheart (1995) yang dibuat berdasarkan sebuah kisah tokoh legendaris Skotlandia bernama William Wallace.
tirto.id - Braveheart adalah sebuah film sejarah yang rilis tahun 1995. Film yang bergenre laga ini disutradarai oleh Mel Gibson, yang juga menjadi pemeran utama sebagai William Wallace.

Patrick McGoohan sebagai Raja Edward, Brendan Gleeson sebagai Hamish Campbell, Cathrine McComark sebagai Murron MacClannough, dan Peter Hanly sebagai Pangeran Edward.

Berdasarkan situs IMDb film yang disutradarai oleh Mel Gibson ini mendapat rating 8.9/10 dengan 857,337 penilai.

Bagi anda penggemar film kolosal laga, film ini dapat anda nikmati melalui website dengan cara streaming maupun media digital lainnya.

Film Braveheart memenangkan lima Academy Awards pada tahun 1996 termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Sayangnya, tidak satupun pemain film yang mendapatkan penghargaan seperti film yang mereka perankan.


Sinopsis Film Braveheart (1995)

Braveheart dibuat berdasarkan sebuah kisah tokoh legendaris Skotlandia bernama William Wallace yang menjadi tokoh patriotik negara Skotlandia dalam melepaskan diri dari penjajahan Inggris pada abad ke 13.

William adalah keturunan tokoh patriot di daerahnya yang lebih dominan petani dan peternak dari pada seorang ksatria. Sikap pejuang ini telah ia miliki sejak usianya masih remaja.

Ia menyaksikan banyak warga Skotlandia menjadi korban kesadisan penjajahan Inggris pada negaranya. Pembantaian, pemerkosaan, dan perampasan menjadi pemandangan masa kecilnya dengan kawannya Hamish.


Suatu hari ayahnya pergi untuk melakukan perlawanan terhadap Inggris, namun ayah dan kakaknya tidak berhasil kembali dengan selamat. Ia sendirian dan memendam duka juga dendam.

Saat tumbuh besar, pamannya membawanya bepergian ke seluruh Eropa untuk belajar mengenai segala hal. Setelah dewasa ia kembali ke daerah semasa kecilnya melihat semua masih sama.

Ia menemui kawan lamanya Hamish dan Murron. Kekasih masa kecilnya Murron kemudian dinikahinya secara diam-diam untuk menghindari kebijakan Prima Nocte dari Raja Edward I.

Kebijakan Prima Nocte mewajibkan mempelai wanita Skotlandia untuk bersetubuh dengan bangsawan Inggris di malam pertama mereka.

Saat memulai perlawanan, ia mencoba mengumpulkan pasukan dari berbagai klan dan kepercayaan raja Skotlandia saat itu. Ia akhirnya memiliki 2 orang kepercayaan dalam melakukan perlawanan.

William meminta rakyat Skotlandia bersatu dan melawan segala perintah raja Edward tanpa kompromi. William mengobarkan semangat perang pada rakyat Skotlandia untuk terbebas dari penjajah.

Bagaimana kisah selanjutnya?

Braveheart tidak hanya mengisahkan sebuah cinta warga negara kepada tanah airnya. Tetapi juga mengisahkan sebuah cinta yang besar ditengah sulitnya hidup di bawah tekanan penjajah.


Baca juga artikel terkait FILM BRAVEHEART atau tulisan menarik lainnya Ayub Rustiani
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ayub Rustiani
Penulis: Ayub Rustiani
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight