Sinopsis Blackfish Netflix: Kehidupan Kejam Paus di Tempat Sirkus

Kontributor: Ega Krisnawati - 19 Mei 2022 09:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Blackfish: dokumenter Netflix soal paus di tempat sirkus.
tirto.id - Blackfish adalah film dokumenter berdurasi 1 jam 23 menit yang disutradarai oleh Gabriela Cowperthwaite. Selain sebagai sutradara Gabriela Cowperthwaite juga membuat naskahnya bersama Eli B. Despres dan Tim Zimmermann.

Tokoh dalam film Blackfish beberapa di antaranya, yaitu Tilikum, Dave Duffus dan Samantha Berg. Film dokumenter ini sempat menerima nominasi untuk British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) pada tahun 2014.

Film Blackfish pertama kali tayang pada 26 Juli 2013 di kota Ireland, Eropa. Hal yang menarik dari film ini ketika dirilis, yaitu keuntungan SeaWorld telah turun sebanyak 84 persen per Agustus 2015.

Berdasarkan Imdb, Blackfish memperoleh rating sebesar 8.1 per 10. Berikut link untuk menonton film Blackfish di Netflix. Lantas, bagaimana alur cerita film dokumenter ini?

Sinopsis Film Blackfish


Blackfish bercerita tentang seekor paus bernama Tilikum. Ia diketahui telah membunuh beberapa orang saat berada di tempat sirkus.

Sepanjang jalan, sutradara-produser Gabriela Cowperthwaite mengkompilasi rekaman mengejutkan dan wawancara emosional untuk mengeksplorasi sifat luar biasa dari makhluk itu.

Selain itu, film Blackfish juga memperlihatkan perlakuan kejam spesies di lokasi sirkus, kehidupan, kerugian pelatih, dan beban yang harus dibawa oleh laut.

Kisah yang memilukan dan terstruktur secara emosional ini menantang penontonnya untuk mempertimbangkan hubungan manusia dengan alam.

Film Blackfish juga mengungkapkan betapa sedikit yang telah dipelajari sebagai manusia dari sesama mamalia yang sangat cerdas dan sangat peka ini.

Film Blackfish menampilkan kesaksian dari Lori Marino, direktur sains di Nonhuman Rights Project. Sang sutradara film, Cowperthwaite pun berfokus pada klaim SeaWorld bahwa rentang hidup Tilikum di sana sebanding dengan yang ada di alam liar.

Umumnya Tilikum hidup selama 30 tahun untuk jantan dan 50 tahun untuk betina, tapi film dokumenter ini menunjukkan bahwa sang paus tidak hidup dengan durasi usia selama itu.

Adapun orang lain yang ikut diwawancarai lainnya, yaitu mantan pelatih SeaWorld John Hargrove. Ia menceritakan pengalaman para pelatih dengan Tilikum dan paus tawanan lainnya.

Film dokumenter tersebut berpendapat bahwa paus yang ditangkap di alam liar mengalami stres ekstrem ketika ditangkap sebagai paus dengan umur yang muda, apalagi mereka harus menghabiskan seumur hidup di akuarium.

Paus-paus itu pun dipaksa untuk tampil dan berkembang biak, sehingga menyebabkan agresi terhadap kawanannya dan manusia lain.

Film ini menampilkan cuplikan serangan terhadap pelatih dari Tilikum, binatang tawanan lainnya, serta wawancara dengan berbagai saksi.



Baca juga artikel terkait BLACKFISH atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight