Sinopsis Better Days: Film Asia Peraih Nominasi Oscar 2021

Oleh: Shulfi Ana Helmi - 9 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Film berdurasi 2 jam 15 menit ini mengisahkan tentang Chen Nian, korban perundungan di sekolah dan persahabatannya dengan preman jalanan.
tirto.id - Better Days adalah film asal Tiongkok adaptasi dari novel berjudul In His Youth, In Her Beauty yang ditulis oleh Jiu Yuexi.

Film garapan sutradara Derek Tsang ini dibintangi oleh Zhou Dongyu, Jackson Yee, Zhou Ye, Zhang Yifan, Yin Fang, Huang Jue, dan Wu Yue.

Berdurasi 2 jam 15 menit, film ini mengisahkan tentang Chen Nian, korban perundungan di sekolah dan persahabatannya dengan preman jalanan.

Dilansir dari Box Office Mojo, film yang dirilis pada 25 Oktober 2019 ini berhasil meraup keuntungan sebesar 225.918.798 dolar AS dari penayangan global.

Tak hanya itu, film Better Days juga menjadi salah satu nominasi dalam penghargaan Oscar ke-93 kategori International Feature film.

Dilansir dalam laman IMDb, film ini sementara memperoleh rating 7,5/10 dari 5.966 penilaian. Sementara itu, di laman Rotten Tomatoes, film Better Days memperoleh skor 96 persen dari penilaian tomatometer dan 97 persen dari audiensnya.


Sinopsis Film Better Days (2019)

Dikisahkan di salah satu Sekolah Menengah Atas di Tiongkok, seorang siswi baru saja melakukan bunuh diri. Dia adalah Hu Xiaodie (Zhang Yifan), korban perundungan oleh teman satu sekolahnya.

Ketika semua siswa beramai-ramai menyaksikan, memotret, bahkan merekam jasad Hu Xiaodie, Chen Nian (Zhou Dongyu) menjadi satu-satunya orang yang mendekati jasad tersebut dan menutupinya.

Setelah peristiwa tersebut, Chen Nian justru menjadi sasaran perundungan baru. Perundungan tersebut dilakukan oleh Wei Lai (Zhou Ye) dan teman-temannya.

Chen Nian berusaha untuk menahan diri. Ia tidak ingin menimbulkan masalah. Ia hanya ingin fokus belajar dan lulus ujian masuk perguruan tinggi yang waktunya semakin dekat.

Namun, Wei Lai tak pernah ada habisnya mengganggu Chen Nian. Perundungan tersebut tak hanya terjadi di sekolah. Beberapa kali saat sedang dalam perjalanan pulang, Chen Nian juga dihadang oleh kelompok Wei Lai.

Suatu hari, saat Chen Nian sedang dalam perjalanan pulang, ia melihat seorang pemuda sedang dihajar oleh tiga pria. Chen Nian kemudian secara diam-diam menghubungi kepolisian, bermaksud untuk melapor.

Namun, saat panggilan baru tersambung, apa yang dilakukan Nian justru diketahui oleh salah satu pria tersebut. Chen Nian kemudian diseret dan diambil uangnya.

Pemuda yang dikeroyok tadi bernama Xiao Bei atau yang akrab disapa Beishan (Jackson Yee). Ia adalah seorang preman jalanan yang hidup sendirian. Beishan merasa berhutang budi pada Chen Nian karena telah berusaha menolongnya saat dikeroyok.

Keesokan harinya Beishan kembali menemui Nian untuk mengganti uangnya yang diambil tiga pria yang mengeroyoknya dan menawarkan diri untuk menjadi pengawalnya. Nian tentu saja menolak karena ia pun tidak memiliki banyak uang untuk membayar Beishan.

Namun di sisi lain, perundungan yang dilakukan Wei Lai pada Chen Nian kian menjadi. Puncaknya ketika Wei Lai sengaja menyenggol Chen Nian hingga membuatnya jatuh dari tangga.

Hal tersebut membuat Chen Nian geram. Ia kemudian memberanikan diri untuk memberikan kesaksian atas motif bunuh diri yang dialami oleh Hu Xiaodie. Chen Nian mengungkapkan salah satu penyebabnya adalah perundungan yang dilakukan oleh Wei Lai.

Keberanian Chen Nian tentunya tak disukai Wei Lai. Wei Lai kemudian memburu Chen Nian untuk memberinya pelajaran.

Kondisi Chen Nian kian terdesak. Ia tidak memiliki perlindungan. Bahkan ibunya, sebagai anggota keluarga satu-satunya sedang berada di luar kota untuk berjualan. Di saat demikian, yang terpikir oleh Chen Nian hanyalah pertolongan dari Beishan.

Dari sanalah Beishan menjadi pelindung bagi Chen Nian. Mereka menjadi teman akrab dan mulai terbuka satu sama lain.

Suatu malam, saat Chen Nian sedang tidak mendapat kawalan dari Beishan. Wei Lai dan teman-temannya kembali merundung Chen Nian. Buku catatan Chen Nian dirobek, rambutnya digunting, bahkan Chen Nian hampir ditelanjangi.

Beishan marah mengetahui hal tersebut. Saat Beishan hendak membalas perbuatan Wei Lai, Chen menahannya. Chen hanya ingin fokus mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi yang waktunya semakin dekat.

Bertepatan dengan waktu pelaksanaan ujian, terjadi hujan deras yang mengakibatkan tanah longsor. Dari runtuhan tanah longsor tersebut ditemukan jasad Wei Lai. Hal ini tentu mengejutkan banyak pihak. Terlebih, tersangka pelaku pembunuhan Wei Lai mengarah pada Chen Nian.

Apakah Chen Nian benar-benar membunuh Wei Lai dan bagaimana nasib ujian masuk perguruan tingginya? Saksikan kisah selengkapnya dalam film Better Days.


Baca juga artikel terkait BETTER DAYS atau tulisan menarik lainnya Shulfi Ana Helmi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Shulfi Ana Helmi
Penulis: Shulfi Ana Helmi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight