Sinopsis Another Round (Druk): Film Skandinavia Pemenang Oscar 2021

Kontributor: Fatimatuzzahro, tirto.id - 26 Apr 2021 18:55 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Another Round adalah film drama komedi Denmark-Swedia pemenang International Feature Film di Oscar 2021.
tirto.id - Another Round adalah film drama komedi Denmark-Swedia yang menjadi salah satu pemenang Piala Oscar 2021, tepatnya untuk kategori International Feature Film. Film Skandinavia berjudul asli Druk ini digarap oleh sineas Denmark, Thomas Vinterberg.

Film ini tayang perdana di bioskop pada 24 September 2020 di tengah pandemi COVID-19. Walau demikian, Another Round berhasil menjadi film dengan keuntungan tertinggi selama 7 tahun terakhir pada premier minggu pertama di Denmark.

Dilansir Box Office Mojo, film Another Round mendapatkan keuntungan sebesar 4.177.503 dolar Amerika Serikat dari penayangan global.

Tak hanya keuntungan secara komersial, Another Round juga mendulang beragam respons positif dari kritikus film melalui kemenangannya dalam banyak ajang penghargaan.

Penghargaan teranyar yang didapat film ini adalah dalam kategori Best International Feature Film pada Oscar 2021. Another Round berhasil menang setelah mengalahkan empat film lain, yakni Better Days, Collective, The Man Who Sold His Skin, dan Quo Vadis, Aida?

Another Round mendapat rating sebesar 7,8/10 dari 63.559 users di situs IMDb. Sedangkan di situs Rotten Tomatoes, film dengan durasi 117 menit ini mendapat skor 92 persen tomatometer dan 90 persen dari pengulas.

Sinopsis Film Another Round

Another Round berkisah tentang eksperimen minuman beralkohol yang dilakukan oleh 4 orang guru di Denmark, negara dengan peminum alkohol di bawah umur paling tinggi di dunia.

Alkisah, 4 sahabat yang berprofesi sebagai pengajar sekolah menengah itu yakni Martin (Mads Mikkelsen), Tommy (Thomas Bo Larsen), Nikolaj (Magnus Milang), dan Peter (Lars Ranthe) memiliki cara mengajar monoton yang membuat para murid tak antusias dan bosan.

Martin bahkan mendapat protes secara langsung dari orang tua murid yang khawatir anak mereka tak dapat masuk perguruan tinggi akibat nilai yang jeblok.

Pada ulang tahun ke-40 Nikolaj, mereka berempat merayakannya dengan makan dan minum alkohol di sebuah restoran.


Awalnya, Martin menolak meminum alkohol. Namun, ia kemudian terbujuk oleh kisah yang dituturkan Nikolaj tentang Skarderud, psikiater yang memiliki teori bahwa meminum alkohol dengan kadar 0,05 persen dapat membuat seseorang lebih bersemangat. Martin akhirnya minum hingga mabuk.

Keesokan harinya sebelum mengajar, Martin meminum alkohol dengan kadar 0,05 persen. Teori tersebut benar, Martin dapat menyampaikan materi dengan energik dan direspon dengan baik oleh muridnya.

Melihat efek alkohol yang baik pada Martin, ketiga temannya ingin merasakan hal yang sama.

Keempatnya lalu sepakat untuk menguji teori Skarderud dengan melakukan eksperimen pada diri masing-masing.

Percobaan berhasil, mereka berempat memiliki kelas menyenangkan dengan murid yang aktif.

Tak puas dengan alkohol berkadar rendah, keempatnya mencoba alkohol dengan takaran yang lebih tinggi, yakni 0,10 persen.

Penambahan persentase alkohol tak berakibat apa pun pada mereka. Keempatnya masih merasa baik-baik saja seperti sebelumnya.

Eksperimen tak berhenti di situ. Martin, Tommy, Nikolaj, dan Peter mengadakan sebuah pesta minuman keras untuk menguji pengaruh alkohol pada fisik dan psikologis mereka.

Apakah eksperimen tersebut akan berpengaruh pada mereka berempat? Simak kelanjutannya dalam film Another Round.

Baca juga artikel terkait OSCAR 2021 atau tulisan menarik lainnya Fatimatuzzahro
(tirto.id - Film)

Kontributor: Fatimatuzzahro
Penulis: Fatimatuzzahro
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight