Sinopsis Alex Cross: Kisah Polisi yang Melacak Pembunuhan Pengusaha

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 1 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Alex Cross di Bioskop Trans TV, malam ini, pukul 23.30 WIB.
tirto.id - Film Alex Cross akan ditayangkan kembali dalam program Bioskop Trans TV, Rabu (1/7/2020) malam, pukul 23.30 WIB.

Alex Cross adalah film bergenre kriminal thriller yang disutradarai oleh Rob Cohen dan dibintangi oleh Tyler Perry sebagai pemeran utamanya dan Matthew Fox sebagai penjahat Picasso.

Skenario film yang diadaptasi penulisannya oleh Marc Moss dan Kerry Williamson ini didasarkan pada novel 2006 berjudul Cross karya James Patterson dan angsuran ketiga dari seri film Alex Cross, yang dianggap sebagai reboot seri.

Karakter judul sebelumnya digambarkan oleh Morgan Freeman dalam Kiss the Girls (1997) dan Along Came a Spider (2001).

Berbeda dengan film-film sebelumnya yang didistribusikan oleh Paramount Pictures, film berdurasi 101 menit ini dirilis oleh Lionsgate Films pada 19 Oktober 2012.

Box Office Mojo mencatat, pendapatan film Alex Cross lebih dari 34 juta dolar Amerika. Sebanyak 8 juta dolar AS di antaranya, didapatkan dari penayangan secara internasional.

Situs Rotten Tomatoes memberi skor film ini 3,5 dari 10 dan penonton memberi skor 3,1 dari 5. Sementara situs IMDb memberikan skor 5.1/10 dari 31.787 penilai.

Sinopsis Alex Cross


Alex Cross (Tyler Perry) adalah seorang psikolog dan letnan polisi yang tinggal di Detroit bersama istrinya Maria (Carmen Ejogo) dan anak-anak mereka.

Setelah mengetahui Maria hamil, Cross mempertimbangkan menerima pekerjaan sebagai profiler FBI.

Sementara itu, seorang pria (Matthew Fox) berpartisipasi dalam pertandingan pertempuran bawah tanah dan menggoda pengusaha wanita Fan Yau (Stephanie Jacobsen). Pria itu lalu diundang ke rumah Yau, tempat dia membunuhnya.

Di TKP, Cross menemukan sketsa arang yang ditinggalkan oleh pembunuh dengan gaya artis Picasso, yang menyebabkan si pembunuh dijuluki setelahnya.

Saat memeriksa sketsa, Cross menyimpulkan bahwa target Picasso berikutnya adalah pengusaha Jerman Erich Nunemarcher (Werner Daehn).

Picasso berusaha membunuh Nunemarcher tetapi digagalkan oleh Cross, dan melarikan diri setelah ditembak oleh rekan Cross, Tommy Kane (Edward Burns).

Cross menyimpulkan bahwa Picasso juga berencana untuk menargetkan CEO miliarder Giles Mercier (Jean Reno).

Sebagai balas dendam karena menggagalkan serangannya pada Nunemarcher, Picasso menyerang Cross dan rekan Kane, Monica Ashe (Rachel Nichols), menyiksanya sampai mati.

Picasso kemudian melacak Cross, yang berkencan dengan Maria, dan membunuhnya dengan senapan sniper.

Picasso menargetkan Nunemarcher dan Mercier di sebuah konferensi, membunuh Nunemarcher dan tampaknya Mercier.

Cross dan Kane melacak Picasso ke Teater Michigan yang ditinggalkan. Saat Cross dan Picasso bertarung, mereka jatuh melalui langit-langit teater yang runtuh.

Picasso hampir saja mati, tetapi Kane membantu menarik Cross ke tempat yang aman. Cross menyimpulkan bahwa majikan Picasso adalah Mercier sendiri.

Usai menggelapkan uang dari kliennya, Mercier meminta bantuan Yau dan Nunemarcher untuk memalsukan kematiannya dan melarikan diri ke Bali, kemudian menyewa Picasso untuk melenyapkan mereka dan dua orang yang berlagak sebagai Mercier asli.

Setelah Cross membingkai Mercier karena penyelundupan narkoba, Mercier ditangkap di Indonesia, di mana ia akan dihukum mati oleh regu tembak.


--------

Jadwal tayang film menyesuaikan masing-masing stasiun televisi. Waktu tayang dan judul film dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Baca juga artikel terkait ALEX CROSS atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Film)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight