Sinopsis A Beautiful Mind Mola TV: Berjuang Melawan Skizofrenia

Oleh: Siti Ninda Lestari - 16 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Film A Beautiful Mind berkisah tentang matematikawan yang harus berjuang melawan skizofrenia.
tirto.id - Film A Beautiful Mind berkisah tentang John Nash, seorang matematikawan jenius asal Amerika, harus berjuang melawan penyakit skizofrenia yang dideritanya. Film ini sudah bisa disaksikan di Mola TV.

Film yang dibintangi Rusell Crowe sebagai John Nash, Jennifer Connely sebagai Alicia Nash, dan Ed Harris sebagai Parcher, bos John Nash, ini telah meraih banyak penghargaan.

Sinopsis A Beautiful Mind

Stigma negatif masih sering dibebankan kepada Orang Dengan Skizofrenia (ODS). Beberapa ODS kerap mendapat kekerasan, baik fisik maupun kekerasan psikologis. Padahal, masalah ini harus segera dibenahi baik dari sisi medis maupun sosial.

Dilansir dari American Psychiatric Association, skizofrenia adalah gangguan jiwa berat yang menyerang fungsi otak sehingga penderitanya mengalami gangguan delusi, halusinasi, berbicara tak beraturan, dan masalah dengan berpikir, serta kurangnya motivasi.

Dilansir dari dari who.int, skizofrenia menyerang 20 juta orang di seluruh dunia. Namun, skizofrenia dapat disembuhkan dengan obat dan dukungan psikososial yang efektif.

John Nash adalah seorang matematikawan jenius asal Amerika yang harus berjuang melawan penyakit skizofrenia. Sekilas, kehidupannya terlihat seperti orang kebanyakan. Nash memiliki seorang istri bernama Alicia Nash dan anak laki-laki bernama John Charles Martin Nash.

Pekerjaan sebagai matematikawan menuntutnya untuk memecahkan kode atau yang disebut kriptografi. Sehari-hari dia juga bekerja sebagai dosen. Hidupnya mulai berubah tatkala penyakit skizofrenia mulai menggerogoti pikirannya.

Waham, halusinasi, dan delusi mulai hadir di hidupnya yang kemudian menyebabkan hubungan dengan istrinya dan hubungan dengan orang sekelilingnya terganggu. Bisakah John Nash pulih dari penyakitnya?




Film yang rilis pada tahun 2001 ini meraih penghargaan Oscar tahun 2002 untuk Best Picture yang diberikan kepada Brian Grazer dan Ron Howard, Best Actress in a Supporting Role untuk Jennifer Conelly, Best Director untuk Ron Howard, Best Writing, Screenplay Based on Material Previously Produced or Published untuk Akiva Goldsman.

Film ini juga meraih penghargaan Golden Globe tahun 2002 Best Performance by an Actor in a Motion Picture - Drama untuk Rusell Crowe, Best Performance by an Actress in a Supporting Role in a Motion Picture untuk Jennifer Connelly, Best Screenplay - Motion Picture untuk Akiva Goldsman, dan Best Motion Picture - Drama.

Selain itu, film ini juga meraih banyak nominasi, di antaranya Oscar tahun 2002 untuk kategori Best Actor in a Leading Role yang diraih oleh Rusell Crowe dan nominasi Golden Globe tahun 2002 untuk Best Director - Motion Picture yang diraih oleh Ron Howard.

Film ini juga meraih nominasi Oscar tahun 2002 dan Golden Globes tahun 2002 untuk kategori Best Music atau Best Original Score untuk James Horner.

Film yang meraih 4 Oscar, 33 penghargaan, dan 69 nominasi yang telah tayang di HBO ini juga dapat disaksikan di layanan aliran (streaming) Mola TV.




Baca juga artikel terkait FILM MOLA TV atau tulisan menarik lainnya Siti Ninda Lestari
(tirto.id - Film)

Kontributor: Siti Ninda Lestari
Penulis: Siti Ninda Lestari
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight