Kualifikasi Piala Dunia 2022

Simon McMenemy Sebut Dua Laga Awal Timnas Indonesia Menentukan

Oleh: Hendi Abdurahman - 19 Juli 2019
Simon McMenemy mengatakan bahwa dua laga awal di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 akan sangat menentukan bagi langkah Timnas Indonesia.
tirto.id - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy membeberkan peluang skuadnya dalam menjalani babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Menurutnya, dua laga awal akan menjadi kunci sejauh mana Tim Garuda akan melaju.

Bakal bertemunya Indonesia dengan tim-tim dari Asia Tenggara menjadi keuntungan tersendiri. Setidaknya, secara umum, Simon sudah mengetahui permainan tim-tim tersebut. Lebih lanjut, Simon berujar jika pengalamannya saat membesut Timnas Filipina akan bermanfaat di babak kualifikasi ini.

“Saya merasa beruntung karena pernah bekerja di negara lain di ASEAN sebelum akhirnya ke Indonesia dan tanpa ragu bisa saya katakan, ketika Timnas [Indonesia] bermain dan mendapat dukungan penuh dari suporternya, saya rasa apapun bisa terjadi,” katanya seperti dikutip laman resmi PSSI.


Dalam jadwal yang telah dirilis, Timnas Indonesia akan melakoni dua pertandingan kandang terlebih dahulu, yakni melawan Malaysia pada 5 September dan menghadapi Thailand pada 10 September 2019.

Menanggapi jadwal tersebut, Simon pun mengatakan bahwa dua pertandingan awal bisa menjadi kunci. Melawan Malaysia dan Thailand, pelatih asal Skotlandia tersebut merasa percaya diri dan akan mempersiapkan timnya untuk dapat meraih hasil maksimal.

Ia juga meyakini dukungan kepada Timnas Indonesia bisa memacu motivasi serta semangat tim untuk mengeluarkan kemampuan terbaik.

“Dua pertandingan pertama akan sangat menentukan langkah kita ke depan. Kalau bisa menang pada dua laga pertama, tentu kita akan bisa mengirim pesan bahwa Indonesia telah kembali. Indonesia serius dalam kualifikasi ini. Kita berada di level yang sama dengan lawan kita. Saya ingin Timnas Indonesia bisa menginspirasi negara ini,” paparnya.

Indonesia tergabung di Grup G bersama tiga tim dari ASEAN yakni Vietnam, Thailand, dan Malaysia serta satu tim asal Asia Barat, Uni Emirat Arab. Juara grup akan otomatis lolos ke fase akhir kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dan lolos langsung ke Piala Asia 2023.

Baca juga artikel terkait TIMNAS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Hendi Abdurahman
DarkLight