SIMAK UI 2022

SIMAK UI untuk S1 dan Vokasi 2022: Jadwal, Biaya, dan Cara Daftar

Penulis: Abdul Hadi - 25 Jun 2022 11:22 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini informasi Seleksi Masuk (SIMAK) UI untuk S1 dan Vokasi tahun 2022, mulai dari jadwal, biaya, hingga cara daftarnya.
tirto.id - Pendaftaran jalur mandiri Seleksi Masuk Universitas Indonesia atau SIMAK UI masih dibuka hingga 27 Juni 2022. Calon peserta SIMAK UI dapat segera mendaftar sebelum tenggat waktunya berakhir. Berikut ini informasi terkait SIMAK UI untuk S1 dan vokasi, mulai dari jadwal, biaya pendaftaran, hingga cara daftarnya.

Seluruh rangkaian proses pendaftaran, pembayaran, dan pemilihan program studinya dilakukan secara daring melalui laman: http://penerimaan.ui.ac.id/.

Sejauh ini, UI merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Lembaga pemeringkatan universitas di dunia: THE World University Ranking menempatkan UI sebagai kampus terbaik nomor 1 di Indonesia. Sementara itu, Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking meletakkan UI di posisi 2, di bawah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Saat ini, UI memiliki 14 fakultas, 2 sekolah pascasarjana, dan 1 program vokasi. Keempat belas fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Farmasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Fakultas Ilmu Administrasi.

Bagi calon mahasiswa yang belum berhasil lolos SNMPTN atau SBMPTN, UI masih membuka kesempatan pendaftaran jalur mandiri SIMAK hingga 27 Juni 2022 bagi pendaftar yang ingin melanjutkan pendidikannya di UI.

Setiap peserta yang mengikuti SIMAK UI dapat memilih beberapa jurusan dengan prioritas 1, 2, dan seterusnya. Pemilihan jurusan itu disesuaikan dengan rumpun keilmuan yang akan dituju, baik itu rumpun Saintek atau Soshum.

Jalur mandiri SIMAK UI akan mengujikan tiga jalur tes, yaitu rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC). Setiap jalur tes ini dibebankan biaya berbeda-beda sebagai berikut:

Biaya Pendaftaran SIMAK UI 2022


  • Biaya 2 pilihan pertama IPA atau IPS adalah sebesar Rp500.000. Peserta boleh memilih jurusan antarprogram pendidikan S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi.
  • Biaya 3 pilihan pertama IPA dan IPS sekaligus (IPC) adalah sebesar Rp600.000. Peserta boleh memilih jurusan antarprogram pendidikan S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi.
  • Setiap pilihan berikutnya dikenakan tambahan Rp100.000.

Biaya pendaftaran di atas hanya dapat dibayarkan setelah peserta meng-klik verifikasi pendaftaran di bawah nomor pendaftaran.

Sebagai catatan, biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dan tidak dapat dialihkan dengan alasan apa pun.


Jadwal SIMAK UI S1 dan Vokasi Tahun 2022


Berikut jadwal SIMAK UI untuk pendaftaran S1 Reguler dan Vokasi:

  • Pendaftaran daring: 24 Mei 2022 - 27 Juni 2022
  • Bayar biaya pendaftaran: 24 Mei 2022 - 27 Juni 2022
  • Pendaftaran bagi peserta KIP-K: 6-24 Juni 2022
  • Cetak kartu peserta ujian: 28 Juni 2022 (pukul 10.00)
  • Ujian saringan masuk: 2-4 Juli 2022
  • Pengumuman hasil SIMAK UI: 14 Juli 2022 (pukul 15.00).

Cara Daftar SIMAK UI 2022 untuk S1 dan Vokasi


Pendaftar SIMAK UI dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk registrasi jalur mandiri 2022:

1. Masuk ke situs web penerimaan.ui.ac.id

Pendaftar membuat akun dengan mengklik "Buat Account." Isi data identitas sesuai KTP, alamat, nomor telepon dan ponsel, serta email. Setelah mengisi semua kolom data, klik tombol "Simpan." Ikuti proses tersebut sampai memiliki akun.

Namun, jika peserta sudah pernah membuat akun sebelumnya, masuk dengan username dan password yang dulu pernah dibuat.

2. Login dan unggah foto

Peserta kemudian masuk ke laman situs web http://penerimaan.ui.ac.id/, kemudian mengunggah fail foto close-up berwarna (minimal 400 x 600 pixel) berbentuk JPEG maksimal 4 MB.

Peserta dapat mengurangi ukuran fail foto tersebut jika terlalu besar dengan aplikasi foto atau secara daring di internet.

3. Pilih jurusan atau program studi

Pilih jurusan atau prodi dan jenjang yang tersedia (S1 atau vokasi). Lalu, isikan data peserta sesuai kolom di formulir daring.

Setelah mengisi formulir daring dan klik tombol "Simpan," khusus pemilih jenjang S1 Kelas Internasional lanjut ke laman unggah dokumen.

Sebagai catatan, pendaftar seyogianya mencermati setiap persyaratan program studi di UI sebelum menentukan jurusan yang akan ia ambil. Daftar program studi dan persyaratan-persyaratan tersebut dapat dilihat di sini.

4. Verifikasi data pendaftaran

Setelah mengisi data di formulir daring dan mengunggah dokumen, peserta mendapat 9 digit nomor pendaftaran.

Cek kembali data yang sudah diinput. Lalu, klik tombol "Verifikasi" hingga muncul tanda centang hijau.

Setelah menyelesaikan tahap verifikasi, peserta baru bisa lanjut ke tahap bayar biaya pendaftaran SIMAK UI.

5. Pembayaran biaya pendaftaran SIMAK UI 2022

Peserta bisa membayar biaya pendaftaran melalui ATM atau Teller menggunakan nomor pendaftaran (9 digit nomor) yang diperoleh sebelumnya.

Pembayaran dapat dilakukan melalui:

  • ATM atau Teller Bank BNI
  • ATM atau Teller atau Internet Banking Bank Mandiri
  • ATM atau Internet Banking Bank Permata
  • ATM, self service terminal, dan teller Bank CIMB Niaga
  • ATM Bank Bukopin
  • Teller Bank BTN.

Tata cara pembayaran bisa dicek melalui tautan di sini. Jika masih kesulitan, peserta bisa membayar dengan mendatangi langsung teller bank BNI atau Mandiri.

6. Cetak kartu peserta ujian SIMAK UI 2022

Setelah pembayaran tercatat di akun peserta, tunggu sampai jadwal mencetak kartu ujian peserta SIMAK UI 2022 tiba. Kartu ujian bisa diunduh atau dicetak mulai 28 Juni 2022.


Baca juga artikel terkait SIMAK UI atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Abdul Hadi
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight