Siapakah Elvy Sukaesih yang Anak dan Menantunya Terjerat Narkoba?

Oleh: Alexander Haryanto - 6 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Elvy Sukaesih adalah Ratu Dangdut yang sudah malang melintang di dunia musik dan film, kini namanya viral karena menantunya terjerat narkoba.
tirto.id - Nama pedangdut Elvy Sukaesih kembali viral usai menantunya bernama Muhammad bin Anis atau Muhammad Basurrah terciduk untuk kedua kali dalam kasus narkoba. Saat penangkapan, polisi mengamankan sabu-sabu sebanyak 1,07 gram.

Muhammad adalah suami dari Dhawiya Zaidah, anak Elvy, yang menikah pada Maret 2019 lalu di sebuah restoran bergaya Arab di Jakarta Timur.

Pada Februari 2018 lalu, polisi juga menangkap Muhammad dan Dhawiya dalam kasus yang sama. Kala itu, turut ditangkap pula Chauri Gita yang juga merupakan menantu Elvy.

Lantas siapakah Elvy Sukaesih?

Elvy adalah penyanyi dangdut kelahiran Jakarta 5 Juni 1951 yang merupakan keturunan Sunda, ia anak dari pasangan Mohammad Ali dan Rohayah Asiah, asli Sumedang. Suara dan aksi pentasnya yang khas membuat ia dijuluki sebagai "Ratu Dangdut".

Kemampuan bernyanyi Elvy ia dapatkan dari ayahnya yang merupakan pemain orkes gambus. Suatu sore bila ayahnya bermain gitar di teras rumah, Elvy hampir pasti selalu ikut bernyanyi. Dari sana, kesenangan bernyanyinya tumbuh.

Namun, dalam wawancaranya bersama majalah Tempo, Elvy mengaku mulai bergumul dengan lagu Melayu sejak usia 13 tahun. Ia kemudian menikah dengan Zaidun Zeth, seorang pemuda keturunan Arab dan dikaruniai 5 orang anak.

Dalam karier musiknya, Elvy memulainya sebagai penyanyi pesta perkawinan. Ia juga sempat menjadi penyanyi latar yang mendampingi, Rhoma Irama pada Orkes Melayu Soneta. Setelah berpisah dengan Rhoma, ia memilih solo karier dan masih tetap eksis. Tak hanya dengan Rhoma, ia juga pernah berduet dengan rocker Ahmad Albar.


Sepanjang kariernya, ia telah menyanyikan lebih 1.500 lagu yang tersebar di berbagai album, seperti "Cubit-Cubitan", "Colak-Colek" (berduet dengan Rhoma Irama), "Nasib Janda", "Bisik-bisik Tetangga" dan "Gula-gula".

Pada tahun 2014 lalu, Elvy juga pernah merilis debut mini album religinya bertajuk Umi Bersalawat yang dibantu oleh mantan Menteri Agama RI, Suryadarma Ali. Album ini berisi 5 lagu dengan single andalannya "Shalawat Nabi". Selain itu, judul-judul di album ini adalah "Manasik Haji", "Suara Duafa" dan "Dzikir".

Tak hanya aktif di industri musik, Elvy juga pernah menancapkan kariernya ke dalam dunia film, sederet film yang pernah dia perankan antara lain: Cubit-Cubitan, Kisah Cinta Rojali dan Zuleha, Gaya Merayu, Senggol-Senggolan, dan Mandi Madu.

Dalam film Irama Cinta, ia bahkan bermain dengan Ahmad Albar, dalam film ini mereka berduet membawakan lima lagu, seperti "Aku Bahagia", "Rasa Berdebar", "Seharusnya Kau Tahu", "Engkau Jauh", dan "Lintah Darat".

Langkah Elvy yang memilih terjun ke dunia musik tampaknya tidak sia-sia, pada tahun 2005 lalu, ia pernah meraih penghargaan AMI Award untuk kategori Artis Solo Wanita Dangdut Terbaik.

Selain itu, ia pernah meraih Golden Achivement Award Spirit Cultural Asean Communitas’ dari Kesultanan Djohor dan Kelantan pada 2015, dan setahun setelahnya meraih Lifetime Achievement Award oleh SCTV Music Awards.


Baca juga artikel terkait KASUS NARKOBA atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight