Timnas Indonesia

Siapa Yudha Febrian Eks Timnas U19, Apa Lagi Ulahnya, & Sikap PSSI

Oleh: Iswara N Raditya - 18 Mei 2021
Dibaca Normal 2 menit
Siapa Mochamad Yudha Febrian, eks pemain Timnas Indonesia U16 dan U19, yang kembali membuat ulah dan sempat menggegerkan sosial media?
tirto.id - Nama Mochamad Yudha Febrian kembali menjadi sorotan beberapa waktu belakangan. Ulah apa lagi yang dilakukan oleh eks pemain Timnas Indonesia U16 dan U19 ini? Lantas, bagaimana sikap PSSI terkait talenta yang sempat mengikuti program Garuda Select di Inggris ini?

Berita tidak sedap lagi-lagi menerpa Yudha Febrian. Dari sosial media pada Minggu (16/5/2021), tersebar kabar bahwa pesepakbola muda yang biasa beroperasi sebagai bek kiri ini diduga melakukan tindakan pelecehan seksual terhadap seorang perempuan.

Ini bukan pertama kali Yudha Febrian berulah. Pada November 2020 lalu, Yudha Febrian yang kala itu tercatat sebagai pemain Barito Putera, bersama rekannya asal Bhayangkara FC, Serdy Ephy Fano, dicoret dari pemusatan latihan Timnas Indonesia U19 di Jakarta, karena melakukan tindakan indisipliner.

Dua pemain muda tersebut terekam sedang bersenang-senang di sebuah klub malam alias diskotek pada Minggu (21/11/2020) malam. Akibatnya, Yudha Febrian dan Serdy Ephi Fano baru kembali ke hotel tempat para pemain Timnas U19 menginap pada Senin (22/11/2020) dini hari dan terlambat mengikuti latihan.

“Mereka [Yudha Febrian dan Serdy Ephy Fano] terlambat latihan Senin pagi, tidak melakukan timbang badan pada pagi hari, dan baru kembali ke hotel sekitar pukul 03.00 WIB," ungkap Nova Arianto, asisten pelatih Timnas U19, waktu itu, Selasa (24/11/2020), dikutip dari laman resmi PSSI.

Keduanya kemudian dicoret dari pemusatan latihan Timnas Indonesia U19 oleh pelatih Shin Tae-yong dan dipulangkan ke klub masing-masing: Yudha Febrian ke Barito Putera dan Serdy Ephy Fano ke Bhayangkara FC.

Serdy Ephy Fano pada akhirnya diganjar sanksi oleh manajemen Bhayangkara FC. Sedangkan Yudha Febrian sempat dikirim ke pondok pesantren oleh klubnya, Barito Putera, hingga kemudian terdengar kabar kurang menyenangkan lagi dari pemain muda yang sebenarnya amat berbakat ini.


Apa Lagi Ulah Yudha Febrian?

Dugaan pelecehan seksual terhadap seorang wanita yang menyeret nama Yudha Febrian tersiar melalui sosial media pada Minggu (16/5/2021) lalu.

Korban dengan akun @senandikha11 mengungkapkan kejadian yang menimpanya tersebut melalui utasan di Twitter. Alhasil, cuitan korban membuat geger netizen yang membuat Yudha Febrian menutup kolom komentar di akun Instagramnya.

Belakangan, Senin (17/5/2021), Yudha Febrian mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada @senandikha11. Di Twitter, @senandikha11 mengunggah rekaman video permintaan maaf tersebut.

"Saya meminta maaf sebesar-besarnya atas kekhilafan saya terhadap Senandhika. Masih suasana lebaran, mohon maaf lahir dan batin," kata Yudha Febrian dalam rekaman video itu.

"Saya mengakui kesalahan saya yang telah memperlakukan Senandhika dengan perlakuan saya yang tidak baik," imbuh pesepakbola yang kini berusia 19 tahun ini.


Siapa Yudha Febrian?

Mochamad Yudha Febrian dilahirkan di Bogor tanggal 13 Februari 2002. Sejak 2008, ia bergabung dengan Sekolah Sepak Bola (SSB) Cibinong Putra sampai akhirnya direkrut oleh klub profesional asal Kalimatan Selatan, Barito Putera, pada 2018.

Talenta sepak bola Yudha Febrian sudah terlihat sejak usia dini hingga menjadi anggota skuad Timnas Indonesia U16. Ia turut membantu Timnas U16 merengkuh prestasi di berbagai turnamen regional maupun internasional.

Beberapa di antaranya adalah Piala U-16 Tien Phong Plastic 2017 di Vietnam, turnamen sepak bola remaja U-16 JENESYS Jepang-ASEAN 2018, Piala U-16 AFF 2018, hingga Kualifikasi Piala U-16 Asia 2018 dan putaran final di Malaysia.

Selanjutnya, Yudha Febrian juga memperkuat Timnas Indonesia U19 yang tampil dalam babak Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 pada 2019 lalu. Ia menjalani debutnya bersama Timnas U19 pada 20 Oktober 2019. Di tahun yang sama, Yudha Febrian juga terpilih untuk mengikuti program Garuda Select di Inggris.

Dikutip dari Transfermarkt, Yudha Febrian kini berstatus tidak memiliki klub. Yudha Febrian mundur dari Barito Putera saat Laskar Antasari sedang menjalani turnamen pramusim Piala Menpora 2021.


Sikap PSSI Terhadap Yudha Febrian

Atas ulah terbaru yang dilakukan Yudha Febrian, PSSI akan segera mengambil sikap. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, menegaskan, pihaknya bakal mendalami dugaan pelecehan seksual yang menyeret nama Yudha Febrian tersebut.

"Saya sudah meminta Komite Disiplin untuk mendalaminya. Tentu nanti ada pengkajian dan memang (jika terbukti) mesti ada tindakan tegas," tandas Iwan Bule dilansir Antara, Senin (17/5/2021).

Yudha Febrian memiliki tabiat yang kurang baik sehingga berulangkali membuat masalah yang justru merugikan dirinya sendiri. Mochamad Iriawan bahkan pesimistis Yudha Febrian bisa dipanggil ke Timnas Indonesia lagi lantaran rangkaian ulahnya itu.

"Dengan kelakuan seperti itu, agak susah (masuk timnas). Itu sudah karakter," sebut jenderal polisi mantan Kapolda Metro Jaya, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Jawa Barat ini.

"Semua pemain harus dapat menjaga nama baik negara. Kalau bermasalah, kariermu sebagai pemain sepak bola bisa selesai," tegas Mochamad Iriawan.


Baca juga artikel terkait PELECEHAN SEKSUAL atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight