Profil Tokoh

Siapa Rachmat Kaimuddin CEO Bukalapak yang Mundur & Penggantinya?

Penulis: Dede Mudopar - 30 Des 2021 13:28 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Profil Rachmat Kaimuddin yang mundur dari CEO Bukalapak dan siapa penggantinya?
tirto.id - Rachmat Kaimuddin mengundurkan diri dari posisinya sebagai CEO Bukalapak. Jabatan Direkut Utama PT Bukalapak.com Tbk ia letakkan setelah mengajukan surat permohonan pengunduran diri pada Selasa (28/12/2021). Lantas, siapa sebenarnya Rachmat Kaimuddin dan siapa pula sosok yang menggantikannya sebagai CEO Bukalapak yang baru?

Alasan Rachmat Kaimuddin mundur dari Bukalapak karena ia akan melanjutkan karier sebagai abdi negara. Rachmat Kaimuddin sendiri memegang jabatan CEO Bukalapak sejak 6 Januari 2019 lalu untuk menggantikan posisi Achmad Zaky yang saat itu juga undur diri.

Saat ini, telah ditunjuk CEO Bukalapak yang baru yakni Willix Halim sebagai pengganti Rachmat Kaimuddin. Willix akan memegang posisi ini hingga ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Perseroan (RUPS). Sementara Teddy Oetomo dan Natalia Firmansyah tetap menjabat sebagai Direktur Bukalapak.

Siapa Itu Rachmat Kaimuddin?

Rachmat Kaimuddin lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, tanggal 15 April 1979. Lulus dari SMA Taruna Nusantara pada 1997, dia melanjutkan pendidikan ke Massachusetts Institute of Technology (MIT) Boston di Amerika Serikat dan meraih gelar Bachelor of Science atau B.Sc di bidang Teknik Listrik pada 2001.

Selepas itu, Rachmat Kaimuddin melanjutkan pendidikan S2 di Stanford Graduate School of Business, California, pada 2006 dan lulus tahun 2008 dengan gelar Master of Business Administration (MBA).

Rachmat Kaimuddin memulai karier di Amerika Serikat sebagai Hardware Design Engineer di Teradyne, Inc., perancang dan produsen peralatan uji otomatis, yang memberikan suplai untuk banyak perusahaan terkenal di dunia seperti Samsung, Qualcomm, Intel, Analog Devices, Texas Instruments, IBM, dan lainnya.


Berikutnya, Rachmat Kaimuddin menjadi konsultan di Boston Consulting Group pada 2003-2006 sebelum pindah ke International Finance Corporation (IFC) pada 2007. Selepas dari IFC, Rachmat Kaimuddin menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO) di PT Cardig Air Services pada 2009 hingga 2011.

Rachmat Kaimuddin juga pernah menjabat sebagai Principal di Quvat Management, kemudian menjabat sebagai Direktur di PT Semen Bosowa Maros pada 2014 hingga dia diangkat menjadi Managing Director pada 2016.

Dari akun Linkedin miliknya diperoleh informasi bahwa sejak 2018, Rachmat Kaimuddin menempati posisi sebagai Director of Finance Bank Bukopin hingga 2020. Di bank yang sama, dia juga pernah menjadi komisioner.

Seiring mundurnya Achmad Zaky, Rachmat Kaimuddin direkrut Bukalapak untuk menjabat sebagai CEO atau direktur utama sejak Januari 2020. Kini, setelah hampir 2 tahun, Rachmat Kaimuddin mengundurkan diri dari posisinya itu.


Baca juga artikel terkait CEO BUKALAPAK RACHMAT KAIMUDDIN atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dede Mudopar
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight