Siapa Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia: Klose atau Ronaldo?

Kontributor: Ahmad Yasin, tirto.id - 12 Sep 2022 17:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Siapa pencetak gol terbanyak Piala Dunia sepanjang masa, Klose atau Ronaldo? Berikut ini datanya.
tirto.id - Piala Dunia Qatar pada 20 November - 18 Desember 2022 bakal menjadi putaran final ke-22 Piala Dunia FIFA. Selain trofi turnamen, sepatu emas untuk pencetak gol terbanyak juga menjadi salah satu penghargaan bergengsi di Piala Dunia. Nah, siapa pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Piala Dunia?

FIFA menggelar Piala Dunia untuk pertama kalinya pada tahun 1930 di Uruguay. Pesepakbola dari timnas Prancis, Lucien Laurent, menjadi pencentak gol pertama di ajang Piala Dunia. Sejak saat itu, sekitar 1.250 pemain telah mencatatkan namanya di papan skor.

Sang legenda timnas Argentina, Guillermo Stabile, dinobatkan sebagai top skor Piala Dunia 1930. Stabile menorehkan 8 gol dari 4 kali bermain sepanjang turnamen.

Sementara itu, Just Fontaine dari Prancis merupakan pemain yang memegang koleksi gol tertinggi dalam satu edisi, yaitu sebanyak 13 gol. Torehan tersebut hasil dari 6 kali merumput di Piala Dunia Swedia 1958.

Perolehan Fontaine belum cukup membuat namanya terbukukan sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Piala Dunia. Fontaine berada di urutan ke-4, terpaut satu gol dari Gerd Muller (Jerman Barat).


Status top skor sepanjang masa justru baru diperebutkan selama 1998 sampai 2014. Terdapat 2 pemain yang bergantian memegang rekor tersebut, yaitu Miroslav Klose (Jerman) dan Ronaldo Luis Nazario de Lima (Brasil).

Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia: Klose atau Ronaldo?

Mengacu pada buku Worldcupedia: Ensiklopedia Piala Dunia 1930-1922, Ronaldo Luis Nazario de Lima pertama kali terlibat di hajatan Piala Dunia pada edisi 1994 di AS. Meski usia Ronaldo baru 17 tahun, permainannya telah membuat kepincut Carlos Alberto Parreira, pelatih Timnas Brasil saat itu. Nama Ronaldo masuk ke skuad Selecao di Piala Dunia AS, kendati tidak diturunkan sepanjang turnamen.

Di Piala Dunia 1998, pemain yang kelak dijuluki il Fenomeno itu akhirnya mulai bermain. Ronaldo berhasil menyarangkan 4 gol dari 7 kali tampil. Peraih tiga kali penghargaan pemain terbaik dunia itu juga membawa Brasil melaju ke partai puncak. Sayangnya, tim Samba keok dari Prancis.

Piala Dunia 2002 di Korea Selatan-Jepang menjadi penebusan Ronaldo. Eks striker Real Madrid itu mengantarkan negaranya berprestasi setelah mendapatkan trofi ke-5 Piala Dunia. Di samping itu, Ronaldo juga keluar sebagai pemain paling bersinar di turnamen berkat torehan 8 gol.

Karier Ronaldo perlahan surut seiring hantaman cedera dan turunnya performa di atas lapangan. Kendati begitu, ia sempat memecahkan rekor. Tambahan 3 gol di Piala Dunia 2006 mengukuhkan Ronaldo sebagai top skor Piala Dunia di sepanjang sejarah. Total 15 gol telah dicetak il Fenomeno, melewati rekor Gerd Muller.


Rekor Ronaldo bertahan selama 2 edisi Piala Dunia berikutnya, yakni pada 2010 dan 2014. Dalam periode itu, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo merupakan pemain yang mendominasi jagat sepak bola. Hanya saja, bukan mereka yang melampaui rekor il Fenomeno, bahkan mendekati saja tidak.

Miroslav Klose justru keluar sebagai pemecah rekor Ronaldo. Bomber timnas Jerman itu terdaftar sebagai pemain di 4 edisi Piala Dunia (2002, 2006, 2010, dan 2014).

Nama Klose telah menjadi sorotan sejak Piala Dunia 2002. Bersama Rivaldo (Brasil), Klose berada di urutan ke-2 dalam daftar top skor turnamen. Sebanyak lima gol dicetak sang penyerang Bayern Munchen untuk Der Panzer di Piala Dunia 2022. Lebih spesial lagi, 5 gol itu dibuat melalui sundulan Klose.

Ketajaman Klose kian terasah di Piala Dunia 2006. Selama tampil dalam turnamen yang diadakan di tanah airnya, Klose membuat 5 gol. Jumlah 5 gol ini cukup untuk menyabet sepatu emas.

Selanjutnya, di Piala Dunia 2010, Klose hanya mencetak 4 gol. Di Piala Dunia 2010, Klose terpaut 1 angka dari kompatriotnya, Thomas Muller, yang sukses meraih sepatu emas. Namun, Klose kala itu sudah menyejajarkan diri dengan Gerd Muller sebagai pencetak gol terbanyak di Piala Dunia.

Saat Jerman menyabet gelar juara di Piala Dunia 2014, Klose akhirnya melewati rekor Ronaldo (Brasil). Tambahan 2 gol memahatkan namanya sebagai top skor sepanjang masa Piala Dunia.

Rekor 16 gol yang dicetak Klose di empat edisi Piala Dunia hingga kini , rekor belum terpecahkan.

Daftar Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia

Setidaknya ada 5 pemain yang mencetak lebih dari 11 gol selama berkiprah di Piala Dunia. Berikut ini daftarnya:

1. Miroslav Klose (Jerman) – 16 gol (main 24 kali)

2. Ronaldo (Brasil) – 15 gol (main 19 kali)

3. Ger Muller (Jerman Barat) – 14 gol (main 13 kali)

4. Just Fontaine (Prancis) – 13 gol (main 6 kali)

5. Pele (Brasil) – 12 gol (main 14 kali).

Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA atau tulisan menarik lainnya Ahmad Yasin
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ahmad Yasin
Penulis: Ahmad Yasin
Editor: Addi M Idhom

DarkLight