Shopee Indonesia Dipastikan Tak Terdampak PHK Karyawan

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 15 Jun 2022 17:48 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Handhika Jahja memastikan langkah penyesuaian yang diambil oleh Shopee dipastikan tidak berdampak kepada Shopee Indonesia.
tirto.id - Platform e-commerce ternama di Asia Tenggara, Shopee disebut akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan dalam jumlah besar yang berada di beberapa wilayah operasional mereka. Kabar ini berasal dari sebuah memo internal yang dikirim oleh CEO Shopee, Chris Feng.

Namun Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja memastikan, langkah penyesuaian yang diambil oleh Shopee dipastikan tidak berdampak kepada Shopee Indonesia. Terlebih Shopee Indonesia terus menunjukkan performa yang baik dan Indonesia akan tetap menjadi pasar prioritas.

“Di mana kami terus mengembangkan bisnis kami untuk membantu lebih banyak UMKM dan pengguna di Indonesia merasakan manfaat pertumbuhan ekonomi digital," ujarnya dalam pernyataan tertulis, Rabu (15/6/2022).

Di Indonesia, Shopee mempekerjakan lebih dari 20.000 karyawan dalam berbagai lini bisnis seperti Shopee, ShopeePay, dan ShopeeFood dan lebih dari 50 persen bergabung sejak dimulainya pandemi COVID-19.

“Kami juga terus merekrut talenta-talenta terbaik untuk mengembangkan tim kami,” kata Handhika.

Shopee Indonesia juga masih aktif merekrut talenta-talenta digital, melalui program Sea Labs Indonesia yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret 2022. Program tersebut akan membangun tim yang terdiri dari 1.000 talenta digital Indonesia terutama engineer dan product manager, yang akan siap untuk berkontribusi melalui teknologi.

“Misi Shopee di Indonesia tetap sama, yakni mewujudkan kehidupan yang lebih baik, bagi mereka yang belum terlayani dengan baik, melalui teknologi dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Indonesia, untuk menciptakan berbagai kerja sama strategis demi mewujudkan misi ini," jelasnya.

Dalam 6 bulan terakhir, Shopee juga tengah menghadirkan berbagai inisiatif untuk memajukan UMKM di Indonesia, termasuk Kampus UMKM Shopee yang hadir di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi yang telah melatih puluhan ribu UMKM lokal keterampilan bisnis digital. Selain itu, program Java in Paris yang membawa ribuan produk UMKM lokal di Shopee tembus kurasi dan bisa dijual di Paris.


Baca juga artikel terkait SHOPEE atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Abdul Aziz

DarkLight