Sholat Subuh di Kota Salatiga dan Info Masjid

Oleh: Agung DH - 8 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal sholat dan informasi masjid ternama di Kota Salatiga bisa diketahui di aplikasi Tirto.id
tirto.id - Sebagaimana diketahui rukun Islam ada lima, yakni mengucapkan dua kalimat syahadat, mendirikan sholat lima waktu, membayar zakat, berpuasa saat bulan Ramadan dan melaksanakan ibadah haji.

Dengan demikian, mendirikan sholat lima waktu merupakan salah satu kewajiban utama bagi setiap muslim. Hukum menjalankan Sholat lima waktu adalah fardhu ain atau wajib bagi setiap muslim yang telah akil baligh dan berakal (sadar dan tidak mengalami gangguan jiwa).

Shalat fardhu sebanyak lima kali dalam sehari semalam wajib dijalankan pada waktu-waktu yang telah ditentukan secara syariat. Jika dijalankan sebelum waktunya tiba atau saat batas akhir waktunya sudah lewat, Sholat fardhu menjadi tidak sah.

Hal ini selaras dengan Surat Luqman (31) - Ayat 17:





Sholat Subuh adalah salah satu dari Sholat fardhu sebanyak lima kali dalam sehari semalam. Sholat Subuh dilakukan dengan 2 rakaat.

Perlu diingat, salah satu dari syarat sahnya sholat fardhu ialah sudah masuk waktu. Oleh karena itu, jadwal Sholat Subuh di Kota Salatiga penting diketahui bagi warga setempat maupun umat muslim yang kebetulan sedang melakukan perjalanan.



Di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Sholat Subuh bisa dilakukan secara berjamaah di masjid-masjid terdekat. Ada beberapa masjid ternama di Kota Salatiga seperti Masjid Daarul Amal, Masjid Al-muhajirin, dan Masjid Baiturrohim.

Yang pertama adalah Masjid Daarul Amal. Masjid tersebut dibuat pada tahun 2000. Sesuai data dari Kementerian Agama masjid tersebut merupakan Masjid Agung. Jumlah daya tampung masjid ini sebanyak > 200 orang. Masjid Daarul Amal ini bisa ditemukan di Jl. Tentara Pelajar No. 00 Komplek STAIN.

Di Kota Salatiga juga terdapat Masjid Al-muhajirin. Masjid tersebut dibuat pada tahun 1986.

Masjid Al-muhajirin termasuk dalam tipe Masjid Besar. Soal jumlah daya tampung, masjid ini mampu menampung jamaah sebanyak > 200 orang. Lokasi Masjid Al-muhajirin ini terletak di Jl. Bima No. 4 RT 03 RW VII Grogol Baru, Kelurahan Dukuh..

Selain dua masjid tersebut, ada juga Masjid Baiturrohim. Masjid tersebut dibuat pada tahun 1960. Masjid Baiturrohim merupakan Masjid Besar. Jumlah daya tampung sebanyak 50 - 100 orang. Lokasi Masjid Baiturrohim ini terletak di Jl. Damarjati No. 98 RT 06 RW 04 Kalitaman Kel. Salatiga..

Berikut jadwal Sholat Maghrib di Kota Salatiga, seperti dikutip dari Kemenag RI:





Baca juga artikel terkait SALAT atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH