Sharp dan LG Relokasi Pabrik di Thailand & Vietnam ke Indonesia

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 17 Juni 2019
Industri manufaktur berbasis elektronik, LG dan Sharp merelokasi pabrik ke Indonesia untuk meningkatkan kapasitas produksi.
tirto.id - Produsen elektronik Sharp Corporation dan LG Electronics, akan menambah kapasitas pabriknya di Indonesia. Produk yang bakal mereka hasilkan untuk tujuan pasar ekspor dan domestik.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan, dua produsen elektronik besar tersebut menambah kapasitas produksi setelah menutup pabrik di Thailand dan Vietnam.

"Kami masih monitor sampai mereka realisasi. Pembahasannya sudah lama," ungkap dia dalam keterangan resmi yang diterima Tirto, Senin (17/7/2019).

Menurut Airlangga, kedua industri berbasis elektronik ini telah memiliki basis produksi di Indonesia, sehingga saat ada relokasi pabrik, bertujuan ekspansi.


"Jadi, sifatnya ekspansi. Salah satunya karena mereka sudah punya pengalaman di Indonesia, dan Indonesia dinilai sudah stabil," beber dia.

Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin, Janu Suryanto mengemukakan, Sharp akan merelokasi pabrik mesin cuci dua tabung dari Thailand ke pabrik yang ada di Karawang International Industrial City (KIIC).

"Rencananya, peresmian ekspansi pabrik Sharp akan dilakukan bulan depan. Jadi, nanti ada penambahan lini produksi. Ini juga untuk pasar ekspor. Mereka akan menyerap ratusan tenaga kerja," kata dia.

Sedangkan, LG akan merelokasi pabrik pendingin ruangan dari Vietnam ke fasilitas produksi yang ada di Legok, Tangerang.

"Mereka akan mulai produksi dan mulai dipasarkan pada September 2019 sebanyak 25 ribu unit. Jumlah produksinya ditargetkan naik menjadi 50 ribu unit," kata dia.



Baca juga artikel terkait ELEKTRONIK atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali
DarkLight