Cuplikan film Shang-Chi and Legend of the Ten Rings itu menampilkan pemain dengan wajah-wajah berdarah Asia.

Film superhero Shang-Chi and Legend of the Ten Rings ini didasarkan pada karakter Marvel Comics Shang-Chi dan dibintangi oleh aktor Kanada Simu Liu ("Kim's Convenience", "Blood and Water").

Shang-Chi adalah bagian dari fase keempat semesta sinematik Marvel. Seperti banyak judul proyek lainnya, produksinya awalnya terganggu oleh pandemi virus corona baru (COVID-19).


Film ini dibintangi oleh Simu Liu, juga turut hadir Awkwafina sebagai teman Shang-Chi bernama Katy, Tony Leung sebagai ayah Shang-Chi dan pemimpin dari Ten Rings, dan Michelle Yeoh sebagai Jiang Nan.

Dalam trailer-nya juga turut menyematkan lagu tema yang dibawakan oleh personel grup GOT7 sekaligus penyanyi rap Jackson Wang.

Film ini dijadwalkan akan dirilis pada 3 September dan merupakan salah satu dari empat judul Marvel yang akan tayang di bioskop tahun ini bersama dengan Black Widow (9 Juli), Eternals (5 November) dan Spider-Man: No Way Home (17 Desember).



Sinopsis kisah Shang-Chi and Legend of the Ten Rings sendiri bercerita soal Shang-Ci, seorang seniman bela diri (martial arts artist) yang telah dilatih menjadi pembunuh sejak kecil oleh organisasi teror Ten Rings, kemudian dia mencoba melarikan diri ke kehidupan normal di San Francisco.

The Hollywood Reporter menulis, Marvel dikabarkan menjadikan film tersebut sebagai prioritasnya pada tahun 2018 setelah melihat kesuksesan "Black Panther" (2018) dan "Crazy Rich Asians" (2018).

Tujuannya adalah untuk memperkenalkan protagonis pahlawan super Asia pertama di MCU dan memiliki film yang menampilkan tema Asia dan tokoh Amerika-Asia.

Sementara banyak film MCU menampilkan setidaknya beberapa tingkat pertarungan yang diilhami seni bela diri, "Shang-Chi" adalah yang pertama disebut sebagai film seni bela diri full-fledged atau lengkap.

Sebelumnya, Marvel mendapat kontroversi saat mencoba mendalami tema-tema Asia. Serial TV Netflix-nya di tahun 2017, Iron Fist, dikecam secara luas karena berfokus pada karakter kulit putih yang menguasai tradisi pertempuran Asia. Acara itu kemudian dibatalkan setelah dua musim.

Film Marvel yang lain yaitu Doctor Strange juga sempat memiliki kontroversi ketika aktris Tilda Swinton berperan sebagai The Ancient One - yang di dalam komik seharusnya digambarkan sebagai seorang karakter Asia.

Sutradara Doctor Strange Scott Derrickson menjelaskan produksi pemeran aktris kulit putih untuk menghindari stereotip Asia, tetapi sayangnya, malah dengan menghapus karakter Asia dari film.