Setelah Nasdem, Giliran Golkar Klaim TGB Bergabung

Oleh: Felix Nathaniel - 20 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Ketum Golkar Airlangga Hartarto menyebutkan TGB telah bergabung dengan Partai Golkar saat Rapat Pleno, tadi malam.
tirto.id - TGH Zainul Majdi atau lebih dikenal sebagai Tuan Guru Bajang (TGB) kembali diisukan bergabung dengan partai politik. Setelah awalnya diklaim sepihak oleh Partai Nasdem, kali ini giliran Partai Golkar yang menyatakan TGB bergabung.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Sumatera DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia. Menurut Ahmad, keputusan ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pada rapat pleno Partai Golkar yang berlangsung pada Rabu (19/12/2018) malam.

"Tadi malam kami rapat pleno. Ketum Pak Airlangga menyampaikan bahwa TGB sudah bergabung dengan Partai Golkar," kata Ahmad kepada Tirto, Kamis (20/12/2018).

Menurut Ahmad, kader Partai Golkar tidak terkejut atas pengumuman ini. Dia menyatakan bahwa hubungan TGB dan Airlangga selama ini berlangsung baik.


"Kami juga sudah pernah mendapat informasi sebelumnya bahwa Pak TGB gabung Golkar, tapi resminya baru kemarin," kata Ahmad lagi.

Ahmad meyakini bahwa klaim Airlangga kali ini bukan sekadar omong kosong belaka. Masalahnya, pengumuman ini sudah disampaikan kepada seluruh kader partai dalam rapat pleno.

"Tapi nanti, lihat saja malam ini," ucapnya.

TGB dijadwalkan akan menghadiri acara Partai Golkar malam ini di Jakarta.

TGB pun menampik klaim Nasdem beberapa hari lalu. Dia mengaku sejauh ini belum ada keinginan bergabung dengan partai politik manapun setelah tidak berada di Partai Demokrat. Meski dia mendukung perjuangan Jokowi-Ma'ruf Amin, tetapi dia lebih memilih melakukannya secara independen.

"Pak Surya Paloh tokoh nasional. Sangat saya hormati. Kerja dan kontribusi kebangsaan Beliau sudah teruji. Jauh sebelum Beliau mendirikan Nasdem. Untuk saya pribadi, saya belum memutuskan masuk partai hingga saat ini. Saya fokus dakwah dan ikut berikhtiar membantu perjuangan Bapak Jokowi bersama Kyai Ma'ruf Amin," jelas TGB kepada Tirto, Senin (17/12/2018).

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan sudah lama TGB bergabung bersama Nasdem secara politik. Hal ini dipertegas olehnya saat kunjungan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh ke Nusa Tenggara Barat, Minggu lalu.

“Kebetulan yang menyambut saat itu juga TGB. Nggak bisa masuk per hari Sabtu. Dia sudah gabung lama. Mengatakannya masuk hari Sabtu secara resmi kepada publik, pungkasnya.


Baca juga artikel terkait PARTAI GOLKAR atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight