Setahun Kematian Jonghyun dan Jamaknya Bunuh Diri di Industri K-Pop

Oleh: Yulaika Ramadhani - 18 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Meski berat, gemerlap panggung hiburan Korea ternyata tak menyurutkan minat anak mudanya untuk menjadi bintang.
tirto.id - Setahun kematian Jonghyun Shinee diperingati hari ini, Selasa (18/12/2018) oleh SM Entertainment dan para koleganya.

Seperti diketahui, Jonghyun ditemukan tak sadarkan diri di sebuah apartemen studio di Cheongdam-dong, Gangnam, Seoul, pada 18 Desember 2017. Ia meneguk gas karbon monoksida. Ia kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Universitas Konkuk, namun nyawanya tak dapat diselamatkan.

Terkait hal ini, bunuh diri memang menjadi penyebab kematian nomor satu di kalangan remaja di Korea Selatan pada tahun 2016, dan terus menunjukkan peningkatan selama satu dekade terakhir ini.

Dilansir koreaherald, sejumlah 37,2 persen anak muda di Korea menderita stres kronis pada 2017.

Persaingan ketat di jagat hiburan Korea diduga menjadi salah satu faktor para bintang ini, termasuk Jonghyun, mengakhiri hidupnya.

Persaingan ketat di dunia hiburan Korea ternyata sudah terjadi sejak lama. Kondisi ini membuat para bintang harus melakukan beragam cara mempertahankan karier. Pada 2005, seorang aktris berbakat, Lee Eun Joo, sampai harus beradegan bugil saat tampil dalam The Scarlett Letter. Beberapa lama setelah melakukan adegan itu, Eun Joo mengalami insomnia, dan mengakhiri hidupnya.

Sebelum Jonghyun, seorang trainee DSP Media juga dikabarkan bunuh diri akibat depresi. Ahn Sojin ditemukan tewas setelah jatuh dari lantai 10 apartemennya di kawasan Daejeon, Korea Selatan pada Februari 2015.

Sojin tercatat sebagai salah satu trainee yang mengikuti “KARA Project”, acara yang dibuat DSP Media sebagai pra-debut girlband tersebut di bulan April 2015. Sayangnya, setelah mengikuti lima tahun masa pelatihan, kontrak Sojin malah diputus tiga bulan sebelum debut. Pengumuman DSP Media menyatakan Sojin tidak masuk sebagai trainee yang lolos.

Meski berat, gemerlap panggung hiburan Korea ternyata tak menyurutkan minat anak mudanya untuk menjadi bintang.

Survei
menunjukkan bahwa 21 persen remaja di Korea bercita-cita menjadi bintang K-pop saat dewasa. Mereka seolah dibutakan oleh kepalsuan dunia hiburan yang dipertontonkan layar kaca.

Jonghyun sendiri bergabung dengan SM Entertainment melalui audisi SM Academy pada 2005. Ia memiliki warna suara yang beragam dan bahkan bisa bernyanyi hingga nada empat oktaf. Pada 2008, Jonghyun terpilih sebagai anggota kelompok SHINee. Bersama Onew, Key, Minho dan Taemin, boyband ini memulai debutnya pada tanggal 25 Mei 2008 di acara music SBS Inkigayo.


========================

Jika Anda merasakan tendensi untuk melakukan bunuh diri, atau melihat teman atau kerabat yang memperlihatkan tendensi tersebut, amat disarankan untuk menghubungi dan berdiskusi dengan pihak terkait, seperti psikolog atau psikiater maupun klinik kesehatan jiwa. Salah satu yang bisa dihubungi adalah Into the Light yang dapat memberikan rujukan ke profesional terdekat (bukan psikoterapi/ layanan psikofarmaka) di intothelight.email@gmail.com.


Baca juga artikel terkait BUNUH DIRI atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Musik)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight