Sertijab KSAD, Panglima TNI Singgung Netralitas Instansinya

Oleh: Andrian Pratama Taher - 29 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
"Saya kembali menekankan agar seluruh prajurit TNI Angkatan Darat, memegang teguh netralitas TNI, dan tidak memihak pada kontestan manapun," tegas Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.
tirto.id - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan kembali agar Angkatan Darat netral dalam Pilpres 2019. Hal itu diungkapkan Hadi setelah serah terima jabatan dari mantan KSAD Jenderal Mulyono kepada KSAD Jendral Andika Perkasa.

"Saya kembali menekankan agar seluruh prajurit TNI Angkatan Darat, memegang teguh netralitas TNI, dan tidak memihak pada kontestan manapun," tegas Hadi saat memberikan sambutan di Mabesad, Jakarta, Kamis (29/1/2018).

Di saat yang sama, Hadi berpesan kepada Andika selaku KSAD baru untuk bertugas dengan ikhlas. Ia pun meminta agar mantan Pangkostrad itu untuk segera konsolidasi internal dengan seluruh jajaran pimpinan TNI Angkatan Darat. Hal itu dilakukan agar visi dan persepsi pembangunan TNI Angkatan Darat searah dengan seluruh internal Angkatan Darat.

"Laksanakan komunikasi intensif, baik secara struktural maupun kultural, kepada seluruh jajaran dan keluarga besar TNI AD, termasuk para senior dan purnawirawan TNI AD," kata Hadi.

Mantan Irjen Kemenhan itu pun juga meminta agar program-program TNI AD bisa selaras dengan Mabes TNI. Ia juga ingin Andika bisa segera menyusun dan melaksanakan program 100 hari kerja. Terakhir, Hadi meminta Andika untuk menjaga sinergi sesama TNI di tahun 2019.

KSAD Jendral Mulyono resmi menyerahkan tongkat komando Angkatan Darat Kepada Jenderal Andika Perkasa, Kamis (29/11/2018). Serah terima dilakukan setelah Andika resmi dilantik sebagai KSAD oleh Presiden Jokowi, Kamis (22/11/2018) lalu.

Acara serah terima jabatan dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pukul 08.00 WIB. Sebelum serah terima, KSAD Jenderal TNI Mulyono menyerahkan panji kepemimpinan kepada Jenderal TNI Andika Perkasa.

Seusai penyerahan panji, Mulyono dan Andika melaporkan kepada Hadi selaku inspektur upacara dan Panglima TNI bahwa serah terima jabatan telah dilakukan.

Acara serah terima jabatan dihadiri pula KSAL Laksamana TNI Sisi Sukma Adji, KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Selain petinggi dari matra, sejumlah menteri pun hadir yakni Menkopolhukam Jendral (Purn) Wiranto dan Menkomaritim Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko, dan Menhan Jendral (pur) Ryamrizard Ryacudu.

Sejumlah purnawirawan pun terlihat hadir dalam pelantikan Andika. Dalam pantauan terlihat Jenderal (Purn) Agum Gumelar masuk bersama Ketua MURI Jaya Suprana, Jenderal (hor) Hendropriyono, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, dan Jenderal (Purn) Budiman ikut hadir dalam acara serah terima jabatan. Turut pula hadir Yenni Wahid dan Laksamana (Purn) Ade Supandi.


Baca juga artikel terkait PELANTIKAN KSAD atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight